Apa yang dimaksud dengan ekonomi moneter?

Dalam mempelajari Ilmu Ekonomi didalamnya terdapat pembahasan mengenai Ekonomi Moneter.

gambar
Ekonomi Moneter merupakan salah satu instrumen penting dalam perekonomian modern, dalam perekonomian modern terdapat dua kebijakan perekonomian yang dijadikan instrumen oleh pemerintah dalam menstabilkan perekonomian suatu negara.

Referensi

https://kinantiarin.wordpress.com/konsep-dasar-ekonomi-moneter/

2 Likes

Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang sifat, fungsi, dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Secara umum, kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang memengaruhi tingkat pengangguran, produksi, harga, dan hubungan perdagangan atau pembayaran internasional. Ruang lingkup kajian ekonomi moneter meliputi peran dan fungsi uang dalam perekonomian, sistem moneter dan pengaruhnya terhadap jumlah uang yang beredar, struktur dan fungsi bank sentral, pengaruh jumlah uang dan kredit terhadap kegiatan ekonomi, dan pembayaran serta sistem moneter internasional.

Dengan memahami ruang lingkup kajian ekonomi moneter kita dapat mengetahui mekanisme penciptaan uang, tingkat bunga, pasar uang, sistem dan kebijakan moneter, pembayaran internasional, serta dapat menganalisis beberapa fenomena moneter yang berkaitan dengan efek kebijakan moneter terhadap kegiatan ekonomi.

Sedangkan dalam kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak memahami peranannya dengan baik dalam kegiatan perekonomian dan pemahaman akan ekonomi moneter masih rendah. Masih banyak masyarakat yang tidak dapat mengelola uangnya dengan baik, masyarakat menyimpan uang di bank saat kondisi perekonomian menurun, tidak memahami pengaruh peredaran uang terhadap pertumbuhan perekonomian negaranya, tidak memahami sistem kurs valuta asing, dan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam suatu perekonomian suatu negara.

Referensi

Hasoloan, Jimmy. 2014. Ekonomi Moneter. Yogyakarta : Deepublish.

Ekonomi moneter merupakan bagian ilmu ekonomi yang khusus mempelajari tentang fungsi uang terhadap aktivitas perekonomian, dimana dalam ekonomi moneter mempelajari beberapa hal antara lain :

  1. peranan dan fungsi uang dalam perekonomian,
  2. pengaruh sistem moneter terhadap jumlah uang yang beredar,
  3. pengaruh jumlah uang beredar dengan kredit terhadap aktivitas perekonomian,
  4. pengaruh tingkat suku bunga terhadap permintaan uang,
  5. sistem moneter internasional,
  6. lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank (LKB dan LKBB),
  7. lembaga keuangan internasional.

Mengapa perlu mempelajari ekonomi moneter? dengan mempelajari ekonomi moneter akan diketahui beberapa hal yaitu :

  1. akan dapat diketahui mekanisme penciptaan uang, tingkat bunga, pasar uang,
  2. akan dapat diketahui sistim moneter dan kebijaksanaan moneter dan sistim lalu lintas pembayaran internasional,
  3. akan dapat menganalisis kebijaksanaan moneter yang dikeluarkan oleh pemerintah dan pengaruhnya terhadap aktivitas perekonomian.

Pengertian ekonomi moneter adalah :

  1. ilmu ekonomi yang mengkhususkan perhatiannya untuk mempelajari uang dengan hubungan-hubungannya,
  2. ilmu yang mempelajari uang dengan hubungan-hubungannya. Dimana masalah-masalah yang spesifik dalam kajian ekonomi moneter adalah masalah keuangan dan perbankan.

Disamping itu ada beberapa kebijaksanaan yang dapat diterapkan oleh pemerintah dalam sektor keuangan dan perbankan yaitu :

  1. Kebijaksanaan monter yaitu kebijaksanaan pemerintah dalam mengatur keuangan dan perkreditan,
  2. Kebijaksanaan fiskal yaitu kebijaksanaan pemerintah dalam mengatur keuangan terutama dibidang perpajakan,
  3. Kebijaksanaan harga yaitu kebijaksanaan pemerintah dalam mengawasi dan mengendalikan (stabilisasi) harga terutama harga kebutuhan pokok.

Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi, khususnya yang mempelajari tentang sifat, fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Adapun persoalan pokok yang dipelajari dalam ekonomi moneter adalah berkaitan dengan:

  1. peranan dan fungsi uang dalam perekonomian;
  2. sistem moneter dan pengaruhnya terhadap jumlah uang beredar dan kredit;
  3. struktur dan fungsi bank sentral;
  4. pengaruh jumlah uang beredar dan kredit terhadap kegiatan ekonomi;
  5. pembayaran serta sistem moneter internasional.

Beberapa alasan yang dapat dikemukakan dalam mempelajari ekonomi moneter adalah pemahaman secara mendalam tentang mekanisme penciptaan uang, tingkat bunga, pasar uang, sistem dan kebijakan moneter, serta pembayaran internasional. Selain itu juga meningkatkan kemampuan menganalisis beberapa fenomena moneter dalam kaitannya dengan efek kebijakan moneter terhadap kegiatan ekonomi.

Secara sederhana cakupan ilmu tentang ekonomi moneter dapat dijabarkan dalam Gambar berikut ini. Bank Sentral merupakan bank yang diberi kewenangan untuk mencetak uang dan mendistribusikan pada masyarakat. Biasanya jenis uang yang beredar di masyarakat terdiri dari uang kartal yang berupa uang kertas dan uang logam serta uang giral yang berbentuk cek. Uang kartal yang beredar di masyarakat sebagian untuk ditabung di bank atau investasi di lembaga keuangan bukan bank. Bank berfungsi menerima dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada pihak ketiga (Rahardjo, 2009).

image

Uang yang beredar di masyarakat juga perlu diatur jumlahnya agar dapat mempengaruhi perekonomian sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai pemerintah yaitu stabilisasi ekonomi melalui stabilitas nilai tukar, berkurangnya ketimpangan distribusi pendapatan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.