Apa Yang Dimaksud Dengan Earnings Response Coefficients?

image

Secara umum Earnings Response Coefficient (ERC) adalah ukuran besaran abnormal return suatu saham sebagai respon terhadap komponen laba abnormal (unexpected earnings).

Bagaimana penjelasan rinci terkait dengan Earnings Response Coefficient ?

Cho dan Jung dalam Gideon (2005) menyatakan bahwa laba yang dipublikasikan dapat memberikan respon yang bervariasi, yang menunjukkan adanya reaksi pasar terhadap informasi laba. Dengan kata lain, laba yang dilaporkan memiliki kekuatan respon (power of response).

Cho dan Jung dalam Putra (2007) menyatakan bahwa ERC mengukur seberapa besar return saham dalam merespon angka laba yang dilaporkan oleh perusahaan yang mengeluarkan sekuritas tersebut. Dengan kata lain, ERC adalah reaksi atas laba yang diumumkan (published) oleh perusahaan. Dan tinggi rendahnya ERC sangat ditentukan oleh kekuatan responsif yang tercermin dari informasi (good/bad news) yang terkandung dalam laba.

Earnings Response Coefficient (ERC) didefinisikan sebagai ukuran tingkat abnormal return sekuritas dalam merespon komponen unexpected earnings yang dilaporkan oleh perusahaan yang mengeluarkan sekuritas tersebut (Scott, 1997).

Zmijewski (1989) dan Collins dan Kothari (1989) menemukan bahwa ERC berbeda untuk masing-masing perusahaan. Beberapa literatur awal menjelaskan bahwa risiko sistematik/beta, leverage, pertumbuhan, persistensi laba, besaran perusahaan, keterprediksian laba, dan efek industri merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi ERC .