Apa yang dimaksud dengan dinamika?

Ada beberapa unsur yang membentuk seni musik, salah satunya adalah dinamika. Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan dinamika?

Dinamika merupakan unsur yang paling kuat menunjukan emosi atau perasaan yang terkandung dalam sebuah karya seni musik jika dibandingkan dengan unsur-unsur seni musik lainnya. Dinamika dapat menujukan sebuah karya seni musik memiliki nuansa sedih, riang, agresif, atau datar. Dinamika akan memainkan perasaan seniman maupun pendengarnya sehingga akan masuk kedalam musik yang didengarkan.

Joseph (2004) mengungkapkan bahwa dinamika adalah tingkat kuat lembut suatu lagu dengan perubahan dalam musik. Susilowati (2010) menyatakan dinamika adalah tanda untuk menentukan keras lunaknya lagu yang dinyanyikan.

Sedangkan Miller (2010) mendefinisikan dinamika adalah semua tingkat kekerasan dan kelembutan dan proses yang terjadi dalam perubahan dari yang satu ke yang lainnya. Dengan demikian dapat di tarik kesimpulan bahwa dinamika adalah tanda untuk menyatakan volume suara, atau keras lunaknya serta perubahan-perubahan keras lunaknya suara itu. Penulisan dinamika dalam suatu lagu diletakkan di atas frase lagu atau notasi musik. Joseph (2004) mengelompokan dinamika dalam musik terdiri dari Dinamika lembut, Dinamika sedang, dan Dinamika kuat.

  • Dinamika Lembut Tanda dinamika lembut juga disebut lemah, dan lunak. Beberapa istilah tanda dinamika lembut:
    (1) pppp (pianissimo possibile) : selembut mungkin,
    (2) ppp (pianississimo) : amat sangat lembut,
    (3) pp (pianissimo) : sangat lembut,
    (4) p (piano) : lembut.

  • Dinamika Sedang Beberapa istilah dinamika sedang: Beberapa istilah dinamika sedang:
    (1) mp (mezzo piano) : setengah (agak) lembut,
    (2) mf (mezzo forte) : setengah (agak) kuat.

  • Dinamika kuat Dinamika kuat juga disebut keras. Beberapa istilah dari dinamika keras :
    (1) f (forte) : kuat,
    (2) ff (fortessimo) : sangat kuat,
    (3) fff (fortississimo) : amat sangat kuat,
    (4) ffff (fortissimo possiile) : sekuat mungkin.