© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Dentistrinano atau Nano Dentistry?

Dentistrinano atau Nano Dentistry

Tujuan teknologinano adalah untuk memanipulasi dan mengontrol partikel-partikel guna menciptakan struktur dengan sifat yang unik dan menjanjikan kemajuan dalam dunia pengobatan dan kedokteran gigi.

Nanodentistry” (dentistrinano) ditujukan untuk pemeliharaan kesehatan mulut menggunakan material nano, bioteknologi, rekayasa jaringan, dan robot nano. Robot nano digunakan untuk menginduksi anestesia lokal, perawatan gigi sensitif, manipulasi jaringan, dan untuk memperbaiki gigi yang tidak teratur.

Keuntungan dentistrinano antara lain :

  • Kemampuan untuk mengeksploitasi sifat atomis atau molekular dari material
  • Mengembangkan material baru dengan sifat yang lebih baik.

MEKANISME KERJA

Dentifrobot

Robotnano akan digunakan untuk mencegah kerusakan gigi. Subocclusal dwelling nanobiotic dentifrice yang diaplikasikan melalui obat kumur atau pasta gigi dapat mengawasi seluruh permukaan supra- dan subgingiva, memetabolisme bahan organik yang terperangkap menjadi uap tidak berbau dan tidak berbahaya dan membersihkan kalkulus secara kontinyu. Karena itu, dentifrobot yang direncanakan dengan tepat dapat mengidentifikasi dan menghancurkan bakteri patogenik yang terdapat dalam plak, membiarkan spesies mikroflora yang tidak berbahaya untuk bertambah dalam ekosistem sehat.

Dengan menggunakan perawatan seperti ini setiap hari, penggunaan dentifrobot dapat menghambat pembusukan gigi dan penyakit gingiva.

Hipersensitivitas Gigi

Diketahui bahwa hiperensitivitas dentin disebabkan oleh tekanan yang ditransmisikan secara hidrodinamik ke dalam pulpa. Gigi-gigi ini memiliki tubulus dentin yang lebar. Pada perawatan, robotnano akan menutup tubulus tertentu secara selektif dan spesifik sehingga memberikan penyembuhan yang cepat dan permanen.

Anastesianano

Untuk mewujudkan anestesia nano, suspensi koloid yang berisi jutaan partikel robotnano analgesik dental aktif berukuran mikrometer diletakkan di gingiva pasien. Setelah bersentuhan dengan permukaan mahkota atau mukosa, robotnano ini mencapai dentin dengan bermigrasi ke dalam sulkus gingiva. Setelah mencapai dentin, robotnano memasuki tubulus dentin dan bergerak menuju pulpa. Pergerakan robotnano ini dipandu oleh kombinasi dari berbagai bahan kimia, perbedaan temperatur, dan posisi navigasi, dan semua dikontrol oleh komputer nano yang diarahkan oleh dokter gigi. Dibutuhkan sekitar dua menit untuk mencapai pulpa. Setelah mencapai pulpa, dokter gigi akan memerintahkan robotnano analgesik dental untuk mematikan semua sensitivitas pada gigi yang membutuhkan perawatan. Hal ini menyebaban anestesia yang cepat dari gigi itu. Setelah prosedur selesai, dokter gigi akan memerintahkan robotnano menggunakan jaringan data yang sama untuk mengembalikan semua sensasi.

Fotosensitizer dan Carrier

Titik kuantum dapat digunakan sebagai f otosensitizer dan pembawa ( carrier ), yang dapat berikatan dengan antibodi yang terdapat di permukaan sel target dan ketika distimulasi dengan cahaya ultra-violet dapat membangkitkan spesies oksigen reaktif yang mematikan bagi sel target. Karena itu bahan ini dapat digunakan untuk penanganan kanker.

Perbaikan Besar pada Gigi ( Mayor tooth repair )

Teknik nanodental melibatkan banyak prosedur rekayasa jaringan untuk perbaikan besar pada gigi. Perbaikan besar gigi melibatkan beberapa tahapan seperti menggunakan rekayasa genetik, rekayasa jaringan dan regenerasi jaringan, dan melibatkan perkembangan gigi baru utuh secara in vitro dan instalasinya. Sebagian besar pembuatan dan instalasi gigi utuh autolog secara biologis yang meliputi baik komponen mineral maupun seluler akan mengarah pada terapi penggantian gigi lengkap.

Robotnano Ortodonsia

Robotnano orthodonsia dapat memanipuasi langsung jaringan periodontium, memungkinkan pelurusanan gigi, rotasi, dan pergerakan vertikal yang cepat dan tanpa nyeri dalam beberapa menit sampai beberapa jam.

Durabilitas Gigi dan Estetika

Dentistrinano telah memperkenalkan bahan komposit Sapphire berstruktur nano yang meningkatkan durabiitas ( durability ) dan estetika gigi. Durabilitas gigi dan penampilannya dapat ditingkatkan dengan mengganti lapisan paling atas email dengan Sapphire murni dan intan yang dapat dibuat lebih tahan terhadap fraktur seperti komposit berstruktur nano, Hal ini kemungkinan karena tertenamnya nanotube karbon. Sapphire memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan yang lebih besar 100 sampai 200 kali lipat dibandingkan dengan seramik. Biasanya Sapphire dipakai untuk menggantikan lapisan email superfisial.

Kompositnano diproduksi oleh non aglomerated discrete nanoparticle yang didistribusikan secara homogen di dalam resin. Filernano terdiri dari bubuk aluminosilikat dengan ukuran partikel sekitar 80 nm, yang lebih baik dibandingkan dengan komposit konvensionl dalam hal kekerasan, modulus elastisitas, tranlusensi, estetika, lebih mengkilap, dan mengurangi penyusutan polimerisasi sebesar 50%.

Cetakan Nano

Suatu bahan cetak yang dibuat dengan mengaplikasikan teknologinano dan filernano akan diintegrasikan dalam vinylpolysiloxane yang akan menghasilkan bahan cetak unik dengan tambahan siloxane. Campuran ini akan mengalir dan bersifat hidrofilik yang lebih baik sehingga void di marjin lebih sedikit dan hasil tuangan model menjadi lebih baik.

Solusinano

Solusinano akan membentuk partikelnano yang unik yang dapat menyebar ( dispersible ), yang dapat digunakan sebagai agen adhesif. Hal ini akan menghomogenkan larutan dan memastikan bahwa proses adhesi tercampur sempurna setiap saat.

Nanoencapsulation

South West Risearch Institute (SWRI) mengembangkan sistem pelepasan terarah yang akan meliputi kapsulnano seperti vaksin baru, antibiotik, dan obat baru dengan efek samping yang berkurang.

Produk lain yang dikembangkan oleh South West Research Institute adalah:

  • Pakaian pelindung dan masker, menggunakan emulsinano dan partikelnano antipatogen.
  • Keelengkapan tambahan medis guna penyembuhan instan, contohnya sistem penghantaran seratnano yang biodegradable untuk hemostatik dan penutupan luka dengan seratnano sutra.
  • Bone targetting nanocarrier
  • Biomaterial berbasis kalsium fosfat akan dikembangkan, yang dapat menyokong pertumbuhan tulang rawan dan sel tulang.

Material Penggantian Tulang

Berbagai partikelnano hidroksiapatit telah dikembangkan, contohnya VITOSSO (Orthovita, Inc, USA) HA + TCP untuk merawat cacat tulang.

Jarum Nano

Jarum jahit baru telah dikembangkan dengan adanya kristal stainless steel berukuran nano. Ini akan membantu melakukan operasi sel di masa depan.

KETERBATASAN

Dua jenis robotnano yang umum digunakan adalah robotnano nonpirogenik yang terdiri dari teflon, bubuk karbon, dan Sapphire monokrisal, sementara robotnano pirogenik terdiri dari alumina, silika, tembaga, dan seng.

Jika pirogenisitas permukaan peralatan nano tidak dapat dihindari, digunakan robotnano medis untuk mengontrol jalur pirogenik. Robotnano ini akan melepaskan inhibitor atau antagonis terhadap jalur pirogenik dalam suatu pola terarah untuk menyerap secara selektif pirogen endogen kemudian memodifikasinya dan akhirnya mengembalikannya ke dalam tubuh dalam bentuk yang tidak aktif.

TANTANGAN YANG DIHADAPI DENTISTRINANO

  • Biokompatibilitas
  • Koordinasi aktivitas yang simultan dengan sejumlah robot independen berskala mikron.
  • Masalah teknis dasar mulai dari penempatan yang tepat dan pembangunan bagian-bagian dalam skala molekuler sampai teknik produksi missal yang ekonomis.
  • Faktor biaya
  • Isu sosial dari penerimaan publik
  • Etika
  • Keselamatan manusia

TANTANGAN RISET DALAM DENTISTRINANO

  • Kurangnya keterlibatan sektor swasta
  • Pendanaan suboptimal
  • Masalah sumberdaya manusia terlatih yang menetap
  • Keputusan strategis yang lambat

Walapun tampak seperti sains fiksi tetapi untuk merawat penyakit gigi dalam bentuk yang paling ringan sekalipun, dokter gigi akan meminta pasien untuk berkumur dengan larutan yang mengandung jutaan partikel mikroskopis yang dinamakan “ nanoassemblers ”. Partikel- partikel ini, yang menerima sinyal dari komputer yang dikontrol dokter gigi, akan mencapai area dalam mulut pasien dan menyingkirkan penyakit dan bakteri penyebab penyakit.

Dentistrinano adalah masa depan dari kedokteran gigi; setiap prosedur akan dilakukan menggunakan peralatan dan perlengkapan yang berdasar pada teknologinano. Akan tidak mustahil untuk mengganti gigi dalam satu prosedur dengan akurasi tinggi dengan menggunakan kombinasi nanomedicine dan bioteknologi.

Masa depan teknologinano diramalkan mengubah perawatan kesehatan secara mendasar:

  • Metode baru untuk diagnosis dan pencegahan penyakit
  • Perawatan terapeutik berdasar profil pasien
  • Pemberian obat dan terapi gen

Referensi :

  1. Freitas RA Jr. Dentistrinano. Journal of Amerikan Dental Association. 2000;131(11):1559- 65.
  2. Freitas RA Jr. Nanotechnology, nanomedicine and nanosurgery Int J Surg. 2005;3(4):243- 6.
  3. Freitas RA Jr. Dentistrinano;JADA, 2000;131:1559-65.
  4. Goracci G, Mori G. Micromorphlogical aspects of dentin. Minerva Stomatol. 1995;44:377- 87.
  5. Mitra sb, et al. An application of nanotechnology in advance dental materials. J Am Dent Assoc. 2003;134:1382-90.
  6. Patil M, Mehta DS, Guvva S. Future impact of nanotechnology on medicine and dentistry. J Indian Soc. Periodontol. 2008;12(2):34-40.