Apa yang dimaksud dengan Consumer Research?


Customer Research dalam bisnis dapat mempermudah dalam memahami apa yang Customer inginkan

Consumer research atau yang lebih sering dikenal dengan market research adalah salah satu tool bisnis dalam membantu memahami customer. Melihat apa saja yang menjadi factor pendorong perilaku customer, psikologinya, dan pola pembeliannya.

1. Function
Consumer research merupakan dasar dari marketing departments. Informasi yang didapatkan dapat memberi feedback terhadap produk, pemasaran, atau produk dan layanan dimasa mendatang. Hasil dari consumer research juga membantu dalam menentukan penggunaan iklan.

2. Methodology
Consumer research dapat bersifat kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif menghasilkan data statistik yang terukur, sedangkan penelitian kualitatif menghasilkan data berupa pendapat atau motivasi. Survei merupakan tool yang paling umum digunakan dalam research. Kemudian untuk beberapa metode yang juga sering digunakan adalah wawancara, Focus Group discussion (FGD).

3. Types
Consumer Research dapat menggunakan beberapa tipe atau bentuk yang berbeda, seperti ad tracking, brand research, riset kepuasan pelanggan, riset segmentasi, riset efektivitas pemasaran, pola pembelian, kebutuhan customer dan pengujian konsep. Semua bentuk atau tipe tersebut dapat digunakan untuk pengambilan kesimpulan dan perilaku customer untuk meningkatkan kegiatan pemasaran.

4. Result
Dari hasil penelitian dapat menunjukkan indikasi potensial masalh, perubahan yang diperlukan, menentukan produk dan layanan baru, pengembangan strategi. Dan terkadang hasil riset dapatlah ambigu, oleh karena itu diperlukan riset tambahan yang sudah ditargetkan.

5. Considerations
Perlunya mempertimbangkan trade-off antara consumer research dengan economic benefit bagi perusahaan. Untuk beberapa bisnis, riset merupakan dialog lanjutan dengan customer. Dalam bisnis lain mungkin memerlukan riset yang lebih besar untuk memahami perilaku customer agar dapat membuat keputusan secara sistematis.

Reference

What Is Consumer Research? | Bizfluent