Apa yang dimaksud dengan Chaos Theory?

blackboard-inscribed-with-scientific-formulas-calculations_1150-19413

Chaos Theory atau disebut sebagai teori chaos merupakan frasa dalam bahasa Yunani yakni Spasi. Chaos Theory adalah teori matematika yang menggambarkan perilaku sistem alam yang tidak dapat diprediksi, bukan sebagai hal biasa dan dapat diprediksi.

Catatan: Secara tradisional, para ilmuwan menelusuri hal-hal yang tidak dapat diprediksi perilaku sistem secara acak pengaruh yang jika dihilangkan akan memungkinkan mereka untuk memprediksi perilaku. Ahli teori chaos membantah, sebaliknya, yang ditunjukkan oleh banyak sistem ketidakpastian jangka panjang tanpa pengaruh acak. Ahli matematika Prancis Henri Poincare (1854-1912) adalah orang pertama yang berpendapat, pada akhir abad ke-19, hal itu perilaku sistem fisik alami tidak sepenuhnya bisa diprediksi. Dalam 1960-an, model komputer cuaca menunjukkan, pada kenyataannya, perkiraan jangka panjang yang akurat tidak mungkin. Pada eksperimen awal 1980-an

telah menunjukkan banyak fisik dan sistem biologis berperilaku sama semrawutnya seperti cuacanya.

Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.