Apa yang dimaksud dengan Bow Tie Analysis dalam identifikasi risiko?

Bowtie_Diagram

Salah satu teknik dalam proses identifikasi risiko yaitu menggunakan Bow Tie Analysis. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan metode ini dan bagaimana cara menggunakan metode ini?

Bow Tie Analysis (dasi kupu-kupu) adalah metode diagramatis untuk menggambarkan dan menganalisis jalur suatu risiko dari penyebab hingga dampaknya. Atau dengan kata lain bowtie memberikan ringkasan visual tentang semua skenario kejadian yang masuk akal yang ada di sekitar bahaya tertentu serta mewakili apa yang dilakukan organisasi untuk mengendalikan skenario tersebut dengan mengidentifikasi hambatan.

Metode ini disebut bowtie karena diagram yang dihasilkan menyerupai dasi kupu-kupu dengan penyebab dan dampak masing-masing menjadi dua sayap kiri kanan yang mengapit peristiwa risiko di bagian tengah. Adapun cara atau langkah menggunakan metode ini yaitu sebagai berikut.

  1. Gambarkan suatu peristiwa risiko tertentu dalam bentuk lingkaran sebagai pusat diagram.

  2. Daftarkan penyebab peristiwa di bagian sebelah kiri, lalu hubungkan tiap penyebab dengan peristiwa risiko di bagian tengah.

  3. Gambarkan penghambat yang mencegah tiap-tiap penyebab tersebut menimbulkan peristiwa risiko.

  4. Gambarkan faktor eskalasi (escalation factor) yang mungkin ada untuk tiap penyebab dan tiap faktor eskalasi perlu dikontrol.

  5. Daftarkan dampak peristiwa di bagian sebelah kanan lalu hubungkan tiap dampak dengan peristiwa risiko di bagian tengah.

  6. Terakhir, gambarkan penghambat yang mengurangi besar tiap-tiap dampak.

Referensi

http://www.patientsafetybowties.com/knowledge-base/6-the-bowtie-method