Apa yang dimaksud dengan bioma?

Bioma

Bioma, secara iklim dan geografis, berarti wilayah yang memiliki sifat geografis dan/atau iklim yang sama, seperti komunitas tumbuhan, hewan, organisme tanah, bakteri, dan virus; sering juga disebut ekosistem. Beberapa bagian bumi memiliki jumlah makhluk hidup dan makhluk tak hidup dalam takaran yang berbeda, yang menjadi dasar pembagian bioma. Bioma juga ditentukan oleh stuktur tumbuhan (seperti pohon, semak, dan rerumputan), jenis daun, jarak antar tumbuhan, dan iklim. Berbeda dengan zona flora dan fauna, bioma tidak dibedakan menurut genetik, taksonomi, atau kesamaan sejarah.

Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu.

Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu atau daerah habitat darat yang memiliki vegetasi khas terhadap iklim utama sehingga tidak ditemukan di daerah lain.

Bioma adalah beberapa ekosistem yang terdapat pada suatu daerah geografis dengan iklim dan kondisi yang sama. Semua bioma yang ada di bumi dengan berbagai macam dan ragamnya membentuk tingkatan tertinggi pendukung kehidupan yang disebut biosfer. Misalnya, bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, dan lainnya.

Bioma adalah kumpulan spesies (terutama tumbuhan) yang mendiami tempat tertentu di Bumi yang dicirikan oleh vegetasi tertentu yang dominan dan langsung terlihat jelas di tempat tersebut. Oleh karena itu biasanya Bioma diberi nama berdasarkan tumbuhan yang dominan di daerah tersebut.

Bioma terbagi menjadi beberapa jenis, ditentukan oleh curah hujan dan intensitas cahaya mataharinya. Di permukaan bumi ini terdapat 7 macam bioma, yaitu: tundra, taiga (targe), gurun (padang pasir), padang rumput, savana, hutan hujan tropis, dan hutan decidous. Marilah kita pelajari bagaimana ciri atau karakteristik dari tiap-tiap jenis bioma tersebut.

  • Tundra, terdapat di daerah kutub, tumbuhan dominannya adalah lumut kerak (Lichenes), lumut Sphagnum, rumput dan tumbuhan pendek lainnya yang biasanya hanya berumur 4 bulan. Hewan yang hidup di bioma ini adalah rusa, serigala dan beruang kutub.

  • Taiga, terletak di selatan tundra, yaitu di antara daerah beriklim sedang dengan kutub. Bioma ini disebut pula bioma dengan hutan berawa atau hutan boreal. Tumbuhan dominannya adalah konifer atau tumbuhan berdaun jarum (pinus). Hewan yang hidup di sini adalah ajax, beruang hitam, dan serigala.

  • Padang pasir atau Gurun, banyak terdapat di daerah kering dengan curah hujan sedikit. Tumbuh-tumbuhan yang tumbuh adalah tumbuhan yang teradaptasi dengan keadaan kering, misalnya tubuhnya ditutupi oleh kutikula yang tebal dan akar yang panjang. Juga tumbuhan sukulen atau kaktus, yang menyimpan banyak air pada batangnya dan daunnya menyempit menjadi duri. Hewan yang hidup pada bioma ini adalah unta, tikus,ular, kadal, kalajengking, dan semut.

  • Padang rumput; Pada bioma ini terdapat cukup curah hujan, tetapi tidak cukup untuk menumbuhkan hutan. Tumbuhan dominannya adalah rumput, sedangkan pohon dan semak terdapat di sepanjang sungai di daerah tersebut. Macam padang rumput adalah prairi rumput pendek, prairi rumput tinggi dan padang rumput tropis. Prairi adalah padang rumput yang luas tanpa pohon.

  • Savana, adalah padang rumput yang diselingi dengan sebaran pohon yang tumbuh jarang. Hewan yang hidup pada bioma padang rumput dan savana adalah bison, gajah, jerapah, zebra, domba, biri-biri, harimau, cheetah, serigala dan ular.

  • Hutan hujan tropis (hutan basah), terdapat di daerah tropis yang banyak turun hujan. Vegetasinya tumbuh sangat rapat. Jenis tumbuhan pada bioma ini sangat beraneka ragam/heterogen, mulai dari tumbuhan pendek yang hidup di dasar hutan hingga tumbuhan yang berukuran tinggi. Juga ada tumbuhan epifit (tumbuhan yang tumbuh pada pohon yang mempunyai naungan/kanopi, seperti anggrek) dan liana (tumbuhan yang memanjat pada tumbuhan lain, seperti rotan). Hewan-hewan yang hidup pada hutan ini antara lain monyet, macan kumbang, harimau, tapir, gajah, dan bermacam-macam burung.

  • Hutan decidous (Hutan Gugur), terdapat di daerah yang memilki 4 musim (musim semi, panas, gugur dan dingin). Tumbuhan yang dominan adalah tumbuhan berdaun lebar, seperti pohon oak, elm, maple dan beech. Pohon pohon di hutan ini menghijau pada musim panas, dan menggugurkan daunnya pada musim gugur, dan pada musim dingin daunnya ‘habis’. Memasuki musim semi pohon-pohon tersebut mulai menumbuhkan daunnya.

Bioma adalah kumpulan ekosistem yang berada pada satu iklim atau wilayah geografis
yang dicirikan oleh vegetasi atau flora suatu tempat
. Bioma dipengaruhi pula oleh iklim atau pun oleh wilayah geografis secara langsung. Contoh Fauna di bioma padang rumput : Bison dan kuda liar (mustang) di Amerika, gajah dan jerapah di Afrika, domba dan kanguru di Australia. Karnivora: singa, serigala, anjing liar, cheetah. Berikut ini contoh bioma dan perngertiannya :

  1. Bioma Sabana

    Adalah suatu padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon yang tumbuh tersebar dan sangat jarang. Pohon yang baling banyak tumbbuh di Sabana adalah Akasia dan palem. Sabana dibagi menjadi dua atas tumbuhan penyusunnya, yakni :

    • Sabana Murni yaitu Sabana yang penyusunnya terdiri dari satu jenis tumbuhan saja.
    • Sabana Campuran yaitu sabanya yang pohon-pohon penyusunya terdiri dari berbagai campuran jenis pohon.

    Ciri-ciri bioma sabana adalah :

    1. Curah hujan 250-700 mm/tahun, jika curah hujan rendah (250-500 mm) sabana akan berubah menjadi semak belukar, tetapi jika curah hujan tinggi (500-700 mm) sabana akan berubah menjadi hutan hujan.
    2. Hujan turun tidak teratur.
    3. Peresapan / porositas tinggi.
  2. Aliran air / drainase cepat.

  3. Suhu panas setiap tahun. Bulan kering terjadi pada saat bulan Desember sampai Febuari dan bulan basah terjadi pada bulan Mei. Contoh flora di bioma sabana : Rumput, Palem, Akasia.

  4. Bioma Hutan Tropis
    Bioma hutan tropis merupakan bioma yang memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan yang paling tinggi. Meliputi daerah aliran sungai Amazone-Orinaco, Amerika Tengah, sebagian besar daerah Asia Tenggara dan Papua Nugini, dan lembah Kongo di Afrika. Ciri-ciri bioma hutan tropis adalah :

    • Curah hujannya tinggi, merata sepanjang tahun, yaitu antara 200–225 cm/tahun.
    • Matahari bersinar sepanjang tahun.
    • Dari bulan satu ke bulan yang lain perubahan suhunya relatif kecil.
    • Di bawah kanopi atau tudung pohon, gelap sepanjang hari, sehingga tidak ada perubahan suhu antara siang dan malam hari.
    • Suhu 25 - 31C dengan tanah yang subur.