Apa yang dimaksud dengan Bilingualism?


(hanaaa) #1

Pada penelitian mengenai sosiolinguistik terdapat istilah "Bilingualism”. Apa yang dimaksud dengan Bilingualism?


(aditya) #2

Bilingualism adalah istilah lain dalam Bahasa Inggris yang berari kedwibahasaan dalam Bahasa Indonesia. Kedwibahasaan atau Bilingualism sebagai salah satu dari masalah kebahasaan yang terus mengalami perkembangan. Hal ini disebabkan oleh titik pangkal pengertian kedwibahasaan yang bersifat nisbi (relatif). Kenisbian demikian terjadi karena batasan seseorang untuk bisa disebut sebagai dwibahasawan bersifat arbitrer, sehingga pandangan tentang kedwibahasaan berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Ada beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian Bilingualism

  1. Haugen (1968)

Kedwibahasaan adalah pengetahuan mengenai dua bahasa.

Jika diuraikan secara umum maka pengertian kedwibahasaan adalah pemakaian dua bahasa secara bergantian baik secara produktif maupun reseptif oleh seorang individu atau masyarakat. Mengemukakan kedwibahasaan dengan mengetahui dua bahasa (knowledge of two languages), cukup mengetahui dua bahasa secara pasif atau understanding without speaking.

  1. Leonard Bloomfield (1933)

Kedwibahasaan merupakan kemampuan untuk menggunakan dua bahasa yang sama baiknya oleh seorang penutur.

Bloomfield merumuskan kedwibahasaan sebagai penguasaan yang sama baiknya atas dua bahasa atau native like control of two languages. Penguasaan dua bahasa dengan kelancaran dan ketepatan yang sama seperti penutur asli sangatlah sulit diukur.

  1. Henry Guntur Tarigan (1990)

Kedwibahasaan bukanlah sesuatu yang bersifat mutlak, hitam atau putih, tetapi bersifat “kira-kira” atau “kurang lebih”. Pengertian kedwibahasaan merentang dari ujung yang paling sempurna atau ideal, turun secara berjenjang sampai ke ujung yang paling rendah atau minimal.

Pendek kata, pengertian kedwibahasaan berkembang dan berubah mengikuti tuntutan situasi dan kondisi.