Apa yang dimaksud dengan Bibliography?

book-library-with-open-textbook_1150-5918

Bibliography atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai bibliografi merupakan istilah Yunani yakni Biblion yang berarti ‘buku’ dan Graphein yang berarti ‘menulis’. Bibliografi dapat dipahami sebagai: 1. daftar tulisan yang berkaitan dengan subjek tertentu; 2. deskripsi dan identifikasi edisi, tanggal penerbitan, dan penulis buku atau teks tertulis lainnya.

Catatan: Katalog Umum Perpustakaan Inggris dari buku cetak dan katalog dari Bibliotheque Nationale di Paris dan Perpustakaan Kongres di Washington, DC adalah sumber bibliografi yang banyak digunakan. Informasi tentang buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit disediakan oleh bibliografi perdagangan yang muncul secara berkala. Di Amerika hal ni menyatakan termasuk penerbit mingguan yang pertama kali muncul pada tahun 1872, dan cetakan buku yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1948. Standarisasi metode bibliografi dipromosikan oleh organisasi seperti Federasi Internasional untuk dokumentasi dan Institut Dokumentasi Amerika.

Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.