Apa yang dimaksud dengan Biaya tingkat unit (unit-level cost)?

Biaya tingkat unit

Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.

Apa yang dimaksud dengan Biaya tingkat unit (unit-level cost) ?

Biaya tingkat unit (unit-level cost) adalah biaya yang meningkat saat satu unit diproduksi. Biaya ini adalah satu-satunya biaya yang selalu dapat dibebankan secara akurat proporsional terhadap volume.

Contoh biaya tingkat unit meliputi biaya listrik, jika mesin dengan tenaga listrik digunakan dalam memproduksi setiap unit, biaya pemanasan jika setiap unit mengalami proses pemanasan dan tenaga kerja inspeksi jika setiap unit memerlukan inspeksi.

Biaya-biaya ini murni variabel dan secara teori dapat diperlakukan sebagai biaya langsung tetapi biasanya diperlakukan sebagai biaya tidak langsung. Secara teknik, bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung sesuai dengan definisi dari biaya tingkat unit, tetapi karena Activity Based Costing System ABCS adalah suatu sistem pembebanan biaya tidak langsung, maka pembebanan bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung berada di luar cakupan pembahasan Activity Based Costing System ABCS.

Pemicu tingkat unit (unit-level driver) adalah ukuran aktivitas yang bervariasi dengan jumlah unityang diproduksi dan dijual. Semua pemicu tingkatunitadalah proporsional terhadap unit output dan merupakan satu-satunya dasar alokasi yang berkaitan dengan volume yang digunakan dalam Activity Based Costing System ABCS. Pemicu di semua tingkatan lain tidak harus proporsional terhadap volume.

Contoh pemicu tingkat unit adalah jam tenaga kerja langsung, biaya tenaga kerja langsung, jam mesin, berat bahan baku langsung, biaya bahan baku langsung, jumlah komponen bahan baku, total biaya utama, total biaya langsung dan unit yang diproduksi. Semua contoh tersebut juga digunakan sebagai dasar alokasi di sistem perhitungan biaya tradisional (non Activity Based Costing System ABCS).