Apa yang dimaksud dengan Batik Lukis?

Macam-macam metode pembuatan batik adalah tulis, cap, cetak, print dan lukis. Hanya dengan mendengar namanya saja, pasti anda sudah memiliki bayangan tentang bagaimana cara produksi batik dengan metode-metode tersebut. Apa yang dimaksud dengan Batik Lukis?

Batik tipe ini tidak dibuat menggunakan lilin atau malam. Sehingga canting juga tidak digunakan. Batik lukis ini dilukis menggunakan kuas. Seperti lukisan pada sebuah kanvas. Sehingga merupakan karya seni tersendiri. Tapi jangan salah, nilai seni pada batik jenis ini juga sangat tinggi. Meskipun saya sendiri ragu apakah bisa disebut batik. Batik jenis ini dibuat dengan melukiskan motif diatas kain mori menggunakan kuas dan cat minyak. Seperti melukis biasalah.

Nah batik jenis ini memang jarang ditemukan, meskipun begitu, harganya biasanya cukup mahal. Batik jenis ini dibanderol dengan harga 300.000 IDR yang lukisannya tidak banyak, hingga 1.000.000 IDR keatas untuk yang rumit dan berwarna-warni. Ya karena memang ini adalah karya seni. Untuk membuat batik ini, si pelukis harus berkali-kali menyelupkan kuasnya pada cairan pewarna diatas kompor, ada juga yang langsung saja melukis diatas kain. Ciri-ciri batik ini adalah warnanya yang mencolok, serta serat-serat kuasnya yang kerap terlihat pada lukisan.

Kalau dilihat dari motifnya juga anda tidak akan keliru, karena motif yang dibuat itu tidak seperti batik pada umumnya. Lebih mirip lukisan. Batik ini tidak lekang oleh paham-paham batik pada umumnya, lebih bebas dan kontemporer.