Apa yang dimaksud dengan batik Cetak Sablon?

Macam-macam metode pembuatan batik adalah tulis, cap, cetak, print dan lukis. Hanya dengan mendengar namanya saja, pasti anda sudah memiliki bayangan tentang bagaimana cara produksi batik dengan metode-metode tersebut. Apa yang dimaksud dengan batik Cetak Sablon?

Batik cetak ini kualitasnya dibawah batik cap. Perlu diketahui bahwa batik cetak berbeda dengan batik printing. Pada metode cetak sablon, sebenarnya yang mengerjakan batiknya tetap manusia. Bukan mesin. Namun orang-orang suka bingung dan tertukar antara batik cetak sablon dan batik print. Sebenarnya batik cetak ini lebih mirip dengan batik cap. Karena prosesnya menggunakan cetakan besar bernama plangkan dan rakel. Yaitu alat yang biasa digunakan untuk sablon kaos. Namun proses pengerjaanya lebih mudah, dan tidak menggunakan malam.

Pembuatan batik dengan metode ini menghasilkan batik dengan sangat cepat. Namun karena lilin malam tidak lagi digunakan dan tingkat kerumitan yang rendah, batik ini memiliki nilai yang jauh dibawah batik cap dan batik tulis. Karena jauh lebih mudah membuatnya. Prosesnya juga biasa disebut sablon.

Menghasilkan batik dengan singkat serta dengan harga yang sangat murah, inilah kenapa banyak sekali produsen jadi peminat batik cetak. Dalam sehari, bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan batik. Banyak juga pengrajin yang lebih fokus kepada batik cetak karena batik ini dapat meningkatkan omset berkali kali lipat. Kalau dilihat dari rapih atau tidaknya, justru metode ini menghasilkan batik yang sangat rapi detailnya. Namun karena tidak ada penggunaan malam serta tidak ada eksklusivitas pada batik ini, maka batik ini dianggap bermutu rendah.