Apa yang dimaksud dengan base rate neglect?

Base rate neglect

Base rate neglect merupakan kecenderungan untuk mengabaikan informasi base rate secara umum ketika menilai peluang terjadinya sebuah kasus khusus (Tversky & Kahneman, 1982).

1 Like

Base rate neglect, atau disebut juga base rate fallcy dan base rate bias adalah bentuk kesalahan kognitif dimana terlalu sedikit bobot ditempatkan pada basis, atau tingkat dasar, dari adanya kemungkinan (misalnya, probabilitas A diberikan B). Dalam perilaku keuangan, Base rate neglect adalah kecenderungan seseorang untuk menilai secara keliru kemungkinan suatu situasi dengan tidak memperhitungkan semua data yang relevan. Jika disajikan dengan informasi tingkat dasar terkait (mis. Informasi umum) dan informasi spesifik (informasi yang hanya berkaitan dengan kasus tertentu), pikiran cenderung mengabaikan pada informasi yang pertama dan fokus pada yang terakhir.

Menurut Hillel (1980), Base rate fallcy merupakan kecenderungan orang untuk mengabaikan informasi tingkat dasar yang mendukung, misalnya, informasi individu (ketika tersedia), daripada mengintegrasikan keduanya. Kecenderungan ini memiliki implikasi penting untuk memahami fenomena penilaian dalam banyak pengaturan klinis, hukum, dan sosial-psikologis. Penjelasan mengenai fenomena ini ditawarkan, berdasarkan orang yang menerima informasi dengan tingkat relevansi yang dirasakannya, dan membiarkan informasi dengan relevansi tinggi mendominasi informasi dengan relevansi rendah. Informasi dianggap lebih relevan ketika berhubungan lebih spesifik dengan target kasus yang dinilai.

Spesifisitas dicapai baik dengan memberikan informasi pada sampel yang lebih kecil daripada populasi keseluruhan, dimana target kasus adalah anggota, atau ketika informasi dapat dikodekan, melalui hubungan sebab akibat, sebagai informasi tentang anggota spesifik dari populasi tertentu. Dengan demikian, base rate neglect (kesalahan tingkat dasar) adalah hasil dari pengaduan apa yang tampaknya hanya kebetulan, oleh karena itu relevansinya rendah, tingkat dasar terhadap informasi yang lebih spesifik, atau kausal.

Referensi
  1. Chen, James. 2019. Base Rate Fallacy. https://www.investopedia.com/terms/b/base-rate-fallacy.asp. Diakses pada 12 Mei 2020.
  2. Hillel, Maya-Bar. 1980. The base-rate fallacy in probability judgments. Acta Psychologica. Volume 44, Issue 3. Pages 211-233.
  3. “Logical Fallacy: The Base Rate Fallacy”. Fallacyfiles.org.