Apa yang dimaksud dengan Badan Kredit Ekspor atau Export Credit Agency?

Export Credit Agency

Badan Kredit Ekspor atau Export Credit Agency adalah badan yang dibentuk untuk memberikan kredit kepada pelanggan ekspor atau jaminan kredit yang diberikan oleh eksportir. Jika bunga yang dikenakan untuk kredit atau premi yang dibebankan untuk jaminan di bawah yang tersedia di pasar, subsidi negara untuk lembaga kredit ekspor adalah salah satu bentuk subsidi ekspor.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Apa itu Badan Kredit Ekspor?

Badan Kredit Ekspor dalam bahasa inggris disebut Export Credit Agency (ECA) adalah lembaga yang bekerja untuk mendukung perusahaan dengan perdagangan internasional mereka. Badan ini bisa swasta, semi-pemerintah, atau sepenuhnya dijalankan oleh pemerintah. Mereka menawarkan solusi pembiayaan dan asuransi risiko (jaminan) bagi perusahaan yang mencoba mengekspor dan mengimpor produk.

Layanan ECA dapat diterima sebagai kredit, asuransi kredit, atau kombinasi keduanya. Layanan yang diberikan seringkali sangat mirip dengan perbankan atau perusahaan asuransi biasa - perbedaannya adalah mereka menerima pengambilan risiko perdagangan internasional.

Lembaga Kredit Ekspor Pemerintah dan Swasta

Badan kredit ekspor dapat diselenggarakan secara pribadi, organisasi pemerintah, atau organisasi kuasi-pemerintah. Tujuan dari adanya badan ini adalah untuk mendukung bisnis domestik dari semua ukuran. Dengan pemikiran tersebut, pemerintah mungkin akan melihat manfaat bagi negara dan ekonomi mereka untuk masuk sebagai agen kredit ekspor mereka sendiri jika tidak ada perusahaan swasta yang sesuai yang sudah melakukannya.

Pemerintah dengan pasar yang sangat berisiko dan tidak stabil akan sering mengambil alih ECA. Ini dapat membantu memberikan keuntungan dan keuntungan bagi perekonomian mereka dari industri yang berisiko tersebut, terutama ketika lembaga swasta ragu-ragu untuk mendukung pasar tersebut. Sekarang ada ribuan ECA di seluruh dunia, baik yang dijalankan pemerintah maupun swasta, dan mereka telah menjadi pemimpin dalam pembiayaan global pasca krisis keuangan.

Pemerintah sering kali membuat atau mendukung agen perdagangan ekspor karena efeknya yang menguntungkan bagi perekonomian. Membuat rencana ekspor dapat meningkatkan penjualan bisnis dan pertumbuhan keseluruhan untuk perusahaan kecil dan besar.