Apa yang dimaksud dengan Atribusi Eksternal atau External Attribution?

atribusi eksternal

Atribusi Eksternal atau External Attribution secara definisi adalah disaat mencoba menjelaskan perilaku seseorang (dalam psikologi disebut sebagai membuat atribusi untuk perilaku orang tersebut). Atribusi eksternal dibuat ketika diasumsikan bahwa penyebab suatu peristiwa adalah beberapa faktor di luar orang yang diamati. Dengan kata lain, atribusi eksternal menunjukkan bahwa individu tidak secara pribadi bertanggung jawab atas perilaku atau hasilnya.

Adapun penjelasannya yakni teori atribusi menyatakan bahwa orang memiliki keinginan untuk menjelaskan peristiwa di dunia sekitar mereka. Membuat atribusi eksternal menunjukkan bahwa alasan suatu peristiwa terjadi murni karena faktor di luar orang (misalnya, keberuntungan) daripada faktor internal orang tersebut (misalnya, kepribadian, kemampuan, usaha yang dikerahkan).

Faktor eksternal berada di luar kendali seseorang. Orang cenderung membuat atribusi eksternal saat peristiwa negatif terjadi pada mereka atau teman mereka atau saat peristiwa positif terjadi pada pesaing mereka. Orang cenderung tidak disalahkan atas keadaan negatif mereka sendiri, dan mereka cenderung meremehkan pujian pesaing mereka atas kesuksesan mereka.

Misalnya, ketika siswa mendapat nilai buruk pada suatu tes, mereka cenderung membuat atribusi eksternal dengan memutuskan bahwa kinerja yang buruk itu karena mereka tidak beruntung hari itu, guru tidak pandai menjelaskan materi, atau guru itu buruk dalam menulis tes. Siswa dalam keadaan seperti itu dapat menggunakan banyak penjelasan daripada mengambil tanggung jawab atas hasil itu sendiri (daripada mengakui bahwa kegagalan itu mungkin kesalahan mereka sendiri karena mereka tidak cukup belajar atau mereka tidak secerdas di bidang konten seperti beberapa siswa lainnya. siswa). Akan tetapi, ketika siswa pesaing berhasil, siswa lain sering berasumsi bahwa pesaing mereka berhasil karena nilai guru tidak adil atau mereka hanya beruntung.

Orang mungkin menggunakan atribusi eksternal untuk mempertahankan harga diri mereka sendiri. Membuat atribusi eksternal untuk kegagalan memungkinkan orang tetap merasa nyaman dengan dirinya sendiri meskipun gagal. Demikian pula, mengaitkan keberhasilan orang lain dengan sesuatu selain kemampuan mereka membuat pencapaian mereka tidak terlalu mengancam harga diri individu. Membuat atribusi eksternal juga memengaruhi cara orang bereaksi terhadap peristiwa serupa di masa depan.

Misalnya, jika siswa berpikir nilai mereka disebabkan oleh faktor-faktor di luar kendali mereka, mereka cenderung tidak mengubah perilaku mereka untuk meningkatkan nilai mereka (misalnya, belajar lebih keras di lain waktu).

Referensi : David Matsumoto, 2009, The Cambridge Dictionary of Psychology, Cambridge University Press.