Apa yang dimaksud dengan aset pengetahuan (Knowledge Assets) dalam knowledge management system?

Knowledge Assets

Knowledge Assets tumbuh dalam suatu nilai, seiring dengan digunakan oleh banyak orang untuk dijadikan sebagai standart.

Menurut Debowski, 2006, Knowledge Assets merupakan pengetahuan atau keahlian manusia yang termodifikasi, tersimpan dalam format digital maupun elektronik.

Sedangkan menurut Ichijo, Kazuo dan Ikujiro Nonaka (2007, p.288) menjelaskan bahwa manajemen strategis dari Knowledge Assets harus berfokus pada penciptaan dan penyebaran Knowledge.

Penggunanya akan mendapatkan keuntungan dari Knowledge ini dan menaikan nilainya pada saat mereka menambah, menyesuaikan, memperbaiki, memperkaya dan menvalidasinya.

1. Knowledge Map

Knowledge Map adalah pemetaan dan pengorganisasian dari pengetahuan inti organisasi. Meliputi pemetaan Knowledge yang ada dalam komunitas dan sistem- sistem, yang membantu memberikan kategori, indeks dan label pada Knowledge tersebut.

2. Knowledge Domain

Knowledge Domain adalah wilayah Knowledge yang mendukung strategi bisnis utama organisasi. Knowledge Domain memiliki dua tingkatan yaitu elemen-elemen yang harus di-share oleh semua anggota organisasi dan digunakan sebagai dasar pelaksanaan pekerjaan, dan prioritas strategi yang harus dikembangkan dan didukung dari waktu ke waktu.

3. Knowlegde Policy

Menurut Debowski, 2006, Knowledge Policy adalah sekumpulan aturan yang jelas dan tertulis yang mengatur dan menjadi panduan bagi jalannya proses inti dari Knowledge Management dalam suatu organisasi. Misalnya dengan adanya SOP atau peraturan-peraturan yang dibuat oleh organisasi agar dapat berjalannya bisnis organisasi dengan baik.

4. Knowledge Requirement

Menurut Debowski, 2006, pada saat pertama kali kita melakukan analisa core knowledge pada suatu organisasi harus didahului dengan mengetahui core business dan knowledge requirements untuk bisnis tersebut. Knowledge Requirements adalah pengetahuan-pengetahuan inti yang diperlukan untuk menunjang operasional suatu bisnis agar bisnis tersebut mampu berjalan.

5. Knowledge Capabilities

Knowledge Capabilities adalah kemampuan penyebaran Knowledge dalam suatu organisasi. Hal ini berhubungan dengan kemampuan para pekerja atau staf atau individu-individu dalam melakukan penciptaan, manajemen dan distribusi Knowledge yang terkait dengan pekerjaan mereka.

Referensi :
Knowledge Management by Shelda Debowski