Apa yang dimaksud dengan aset keuangan?

Apa yang dimaksud dengan aset keuangan ?

Dalam akuntansi keuangan, aset adalah setiap sumber daya yang dimiliki oleh bisnis. Apa pun yang berwujud atau tidak berwujud yang dapat dimiliki atau dikendalikan untuk menghasilkan nilai dan yang dipegang oleh perusahaan untuk menghasilkan nilai ekonomi positif adalah aset. Apa yang dimaksud dengan aset keuangan ?

1 Like

Aset keuangan adalah aset yang tidak berwujud. Nilai aset ini tergantung dari nilai arus kas/uang yang akan kita terima di masa yang akan datang, semakin besar nilai arus kas yang akan kita terima di masa mendatang maka semakin tinggi nilai dari aset keuangan tersebut. Pihak yang setuju untuk melakukan pembayaran kas/klaim atas aset keuangan tersebut disebut emiten atau issuer sedangkan penerima klaim disebut sebagai investor.

Berikut ini contoh dari aset keuangan :

  1. Pinjaman/kredit dari bank kepada nasabah
  2. ORI atau Obligasi Republik Indonesia yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang dapat dimiliki oleh warga Indonesia
  3. Obligasi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan
  4. Saham biasa yang diterbitkan oleh suatu perusahaan
  5. Saham preferen yang diterbitkan oleh IBM

Risiko aset keuangan

  1. Risiko daya beli (Purchasing power risk), risiko ini ditimbulkan karena adanya inflasi sehingga ini disebut juga inflation risk.
  2. Risiko ketidakmampuan emiten atau peminjam untuk membayar kewajibannya yang disebut dengan risiko kredit (credit risk) atau risiko kelalaian (default risk).
  3. Risiko nilai tukar (foreign exchange risk), risiko ini timbul jika berinvestasi pada mata uang asing. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pada mata uang asing. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan nilai tukar mata uang suatu negara dengan negara lain. Jika nilai tukar berubah ke arah negatif maka kita akan menerima uang yang lebih sedikit. Misalnya investasi pada aset yang mata uangnya dollar maka jika rupah menguat kita akan menerima rupah yang jumlahnya lebih sedikit.
Referensi

Adiyanto, Yoga et al… 2019. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Serang : Penerbit Qiara Media.