Apa yang dimaksud dengan anensefali?

Apa yang dimaksud dengan anensefali ?

Apa yang dimaksud dengan anensefali ?

1 Like

Anensefasil merupaka salah satu akibat dari kegagalan lipatan neural yang bersatu kearah dorsal. Bayi yang lahir dengan anensefalus ditandai dengan tidak terbentuknya kubah tengkorak, sehingga otak yang mengalami malformasi menjadi terpapar. Kemudian, jaringan ini mengalami degenerasi dan meninggalkan massa jaringan nekrotik. Namun batang otak pada bayi dengan anensefalus tetap utuh. Keadaan ini terjadi akibat gagalnya penutupan bagian sefalik dari tuba neuralis. Anensefalus merupakan cacat lethal yang menimbulkan kematian janin di dalam rahim atau kematian segera sesudah bayi dilahirkan.

Dalam referensi lain menyatakan bahwa anensefalus adalah suatu keadaan dimana sebagian besar tulang tengkorak dan otak tidak terbentuk. Anensefalus merupakan suatu kelainan tabung saraf yang terjadi pada awal perkembangan janin yang menyebabkan kerusakan pada jaringan pembentuk otak. Salah satu gejala janin yang dikandung mengalami anensefalus jika ibu hamil mengalami polihidramnion (cairan ketuban di dalam rahim terlalu banyak). Prognosis untuk kehamilan dengan anensefalus sangat sedikit. Jika bayi lahir hidup, maka biasanya akan mati dalam beberapa jam atau hari setelah lahir.

Referensi
  1. http://eprints.undip.ac.id/43753/3/DeaKirana_G2A009043_Bab2KTI.pdf
  2. http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/37882/Chapter;jsessionid=DC89A3B058459DDBAFE6A033FE692587?sequence=4