Apa yang dimaksud dengan Analisis Multivariat ?

analisis_multivariat

(Bima Satria) #1

Analisis multivariat

Analisis multivariat merupakan metode statistik yang memungkinkan kita melakukan penelitian terhadap lebih dari dua variabel secara bersamaan.

Apa yang dimaksud dengan Analisis Multivariat ?


(Calandre Kei Ashana) #2

Analisis multivariat adalah analisis statistik yang digunakan untuk menganalisis data yang terdiri dari beberapa variabel dan variabel-variabel tersebut saling berkolerasi satu sama lain. Secara umum analisis multivariat dibagi menjadi dua, yaitu analisis dependensi dan analisis interdependensi.

  • Ciri dari analisis dependensi adalah adanya satu atau beberapa variabel yang berfungsi sebagai variabel tergantung dan variabel bebas, seperti, analisis regresi linear berganda, analisis diskriminan, analisis logit, dan analisis korelasi kanonik.

  • Ciri dari analisis interdependensi adalah semua variabelnya bersifat independen. Berikut ini yang termasuk dalam analisis interdependensi adalah analisis faktor, analisis cluster dan multidimensional scaling (Sarwono, 2007).

Menurut Fadhli (2011), data dalam analisis multivariat dapat dinyatakan dalam bentuk matriks dimana terdapat n obyek dan p variabel. Misalkan pada suatu pengamatan terdapat p variabel yaitu X = (X1, X2,…. XP) dari banyaknya n obyek, maka data tersebut dapat disajikan dalam bentuk matriks seperti di bawah ini:

image