Apa yang dimaksud dengan Analisis Manajemen biaya?

Manajemen biaya

Manajemen biaya mempunyai peran kunci dalam membantu perusahaan untuk mendapatkan dan mempertahankan posisi yang kompetitif.

Apa yang dimaksud dengan Analisis Manajemen biaya ?

Analisis Manajemen biaya berguna untuk mengukur bagaimana masing-masing elemen dari biaya tersebut dapat dikendalikan. Dua hal penting untuk mencapai tujuan operational excellent atau mencapai tujuan operasi yang efisien adalah mengelola investasi dengan baik dan mengendalikan biaya dengan efektif.

Namun dalam menganalisis manajemen biaya ini relatif sulit karena perusahaan-perusahaan tidak menyediakan banyak rincian biaya dalam laporan tahunan mereka. Rincian tentang biaya dianggap informasi kompetitif yang penting di antara perusahaan-perusahaan.

Rasio untuk mengukur efisiensi manajemen biaya adalah :

a. Margin laba kotor (Gross profit margin)

Margin laba kotor = (Penjualan - Harga pokok penjualan) / Penjualan

Margin laba kotor adalah ukuran yang penting. Ukuran ini mempengaruhi kebijakan-kebijakan perusahaan yang lebih rinci.

b. Beban pemasaran dan administrasi terhadap penjualan (Selling General and Administration Expanses to Sales Ratio)

Biaya pemasaran dan administrasi / Penjualan

Rasio ini merupakan rasio yang mengukur setelah berbagai biaya yang berlainan digabungkan kemudian dibandingkan dengan penjualan