Apa yang dimaksud dengan aliran seni lukis pointilisme?

Pointilisme adalah sebuah teknik menggambar dengan memanfaatkan bentuk lingkaran kecil yang disusun pada pola tertentu sehungga menghasilkan bentuk gambar.

Dalam seni lukis, pointilisme (pointillism) adalah aliran yang menggunakan titik-titik kecil atau sapuan kuas untuk menciptakan sebuah gambar. Titik-titik cat yang diterapkan pada kanvas dibuat sedemikian rupa sehingga warna berbaur secara visual untuk menciptakan kesan halus.

Salah satu lukisan pointilisme terkenal dibuat oleh Georges Seurat yang diberi judul “A Sunday Afternoon on the Island of La Grande Jatte – 1884.” Lukisan ini menggambarkan taman yang dipenuhi oleh orang-orang yang sedang bersantai di bawah naungan pepohonan. Gaya unik lukisan Seurat memberikan kesan hidup dan cerah.

Ciri - ciri aliran seni lukis Pointilisme :

  • Dalam sebuah lukisan pointilisme, Anda mungkin melihat pemandangan warna-warni yang merupakan paduan berbagai macam warna-warna cerah.

  • Saat melihat dekat, Anda akan melihat bahwa warna cerah ini tersusun dari banyak titik-titik kecil berwarna kuning, hijau, dan biru.

  • Dengan mengubah kombinasi titik-titik warna primer, pelukis pointilisme menciptakan ilusi bahwa mereka menggunakan banyak warna.

  • Kumpulan titik-titik warna primer ini akan menghasilkan warna lebih cerah dibandingkan saat pelukis mencampur warna pada palet untuk kemudian digunakan melukis. Kanvas putih di antara titik-titik dapat meningkatkan efek ini.

Tokoh :
Rijaman, Keo Budi Harijanto, Seurat’s La Parade, Vincent van Gogh, Georges Seurat.


(Georges Seurat yang diberi judul “A Sunday Afternoon on the Island of La Grande Jatte – 1884.”)