Apa yang dimaksud dengan alat musik tradisional FU atau Tahuri?

Fu

Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional FU ?

Fu merupakan alat musik yang terbuat dari kulit kerang dan cara memainkannya dengan ditiup pada bagian yang berlubang atau terbuka. Fu adalah alat musik yang berasal dari Maluku Utara.

Kulit kerang yang dipakai dalam pembuatan Alat musik ini berasal dari Saumlaki, Dobo, Kepulauan Aru dan Banda.

Musik Fu diciptakan memiliki tujuan yang sangat penting di berbagai masa.

FU berfungsi sebagai alat komunikasi antara raja dan masyarakat, antara Raja dan staf-staf negeri. Dengan adanya FU, maka komunikasi diantara masyarakat desa terjalin dengan baik. Salah satu contohnya dapat dilihat dalam pemberitahuan/ pengumuman yang diberitakan oleh Marinyo/ pesuruh desa. Marinyo yang merupakan salah satu staf negeri yang berperan sebagai pesuruh, dalam memberitahukan hal-hal penting berupa pemberitahuan, terlebih dahulu meniup FU.

FU / Tahuri memiliki fungsi sebagai alat yang bisa memberitahukan suatu keadaan seperti perang, titah Raja dan sebagainya. Pada zaman dahulu hampir seluruh tata cara adat memakai tahuri sebagai pembuka atau penutup. Hal ini masih dikembangkan sampai sekarang, dimana masih terlihat beberapa tata cara adat yang masih menggunakan tahuri sebagai pembuka maupun penutup suatu acara adat.

Salah satu fungsi FU yang paling menonjol yang sedang dikembangkan sekarang adalah sebagai salah satu alat musik tradisional masyarakat Maluku (Musik Fu).