Apa yang dimaksud dengan Akar Refleks?

image

Akar refleks adalah respon otomatis yang tidak terpelajar dan relatif tetap pada bayi baru lahir di mana mereka menoleh ke depan dan ke belakang serta membuka dan menutup mulut saat dibelai di pipi, yang memudahkan menemukan puting susu saat menyusui.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)

Pengantar

Akar Refleks memungkinkan bayi yang baru lahir menemukan payudara ibu atau botol untuk mulai menyusu. Ini adalah salah satu dari beberapa refleks, atau gerakan tak sadar, yang digunakan bayi saat dilahirkan untuk membantu mereka melewati minggu atau bulan pertama kehidupan.

Bayi baru lahir mungkin mengandalkan akar refleks selama beberapa bulan pertama kehidupan, tetapi sekitar 3 minggu, sebagian besar bayi baru lahir akan menoleh secara alami dan dapat menggerakkan kepalanya ke posisi untuk mulai mengisap. Pada 4 bulan, rooting biasanya merupakan tindakan sukarela daripada refleks.

Akar Refleks terjadi saat sudut mulut bayi menyentuh kulit atau puting. Anda juga dapat memicu refleks dengan membelai atau menyentuh sudut mulut bayi dengan lembut. Seorang bayi kemudian secara refleks akan menoleh untuk mengikuti dan “mengakar” ke arah itu.

Kapan akar refleks berkembang?

Seorang bayi lahir dengan serangkaian refleks yang mereka kembangkan di dalam rahim. Akar refleks, yang membantu bayi menemukan payudara ibunya, adalah salah satunya. Refleks menghisap, yang juga digunakan untuk makan, merupakan refleks lain yang berkembang di dalam rahim.

Beberapa bayi memiliki refleks yang kuat, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan refleksnya, atau mungkin membutuhkan bantuan untuk mengembangkannya.

Bayi yang lahir sangat prematur (sebelum 28 minggu) mungkin belum memiliki akar refleks. Refleks rooting biasanya mulai berkembang sekitar 28 hingga 30 minggu. Bayi prematur mungkin mulai menyusu sebelum waktu ini, tetapi tidak dapat menemukan payudara Anda.

Jika bayi Anda belum mengembangkan akar refleksnya, Anda dapat memeras ASI dengan tangan atau mengarahkan mulutnya ke puting sampai mereka dapat menemukan putingnya sendiri.

Dalam beberapa kasus, bayi prematur mungkin perlu diberi makan secara intravena, atau melalui selang makanan, atau dengan memberi makan jari di unit perawatan intensif neonatal (NICU). Dokter dan perawat di rumah sakit akan membantu Anda mengembangkan rencana untuk menyusui bayi Anda sampai mereka siap untuk menyusui sendiri.

Bayi yang diberi susu botol memiliki akar refleks meskipun mereka tidak perlu menemukan puting Anda. Saat memberi makan bayi yang diberi susu botol, mereka mungkin awalnya menoleh dari sisi ke sisi untuk mencari puting. Anda dapat membelai atau menyentuh pipinya untuk membuatnya menoleh ke arah botol atau untuk mengetahui bahwa sudah waktunya untuk makan.

Kapan mencari bantuan?

Beberapa bayi dapat langsung menyusu secara alami. Orang lain mungkin membutuhkan sedikit bantuan dengan kait mereka, atau refleks rooting atau mengisap.

Anda dapat menguji akar refleks bayi Anda dengan mengusap lembut pipi atau mulutnya. Mereka harus menoleh sebagai respons terhadap sentuhan, atau terlihat seperti “berakar” dari sisi ke sisi.

Jika Anda khawatir bayi Anda tidak melakukan reflekks dengan benar, bicarakan dengan dokter anak mereka. Dokter anak dapat merekomendasikan konsultan laktasi untuk membantu mengatasi masalah apa pun yang muncul dengan menyusui.

Jika Anda khawatir bayi Anda tidak cukup makan, ingatlah bahwa dalam beberapa hari pertama kehidupan, bayi baru lahir tidak memerlukan banyak ASI atau susu formula per menyusu karena perutnya sangat kecil. Anda pasti ingin sering memberinya makan, terutama jika Anda sedang menyusui. Menyusui secara sering dapat membantu masuknya ASI.

Popok bayi Anda adalah cara terbaik Anda untuk memastikan bahwa mereka mendapat cukup ASI. Setelah hari ke-3, bayi yang disusui biasanya memiliki sekitar tiga popok basah per hari, dan pada hari ke-5, sekitar 5 atau lebih popok basah per hari. Popok basah akan menjadi lebih berat dan mungkin lebih sering seiring pertumbuhan bayi Anda.

Bicaralah dengan dokter anak bayi Anda jika Anda khawatir dengan jumlah popok yang basah atau kotor, atau jika bayi Anda tidak bertambah berat badannya. Dokter anak dapat merekomendasikan konsultan laktasi untuk mengatasi masalah apapun dengan menyusui.

Jika Anda mengalami kesulitan menyusui, tips berikut mungkin bisa membantu:

  • Makan sesuai permintaan, bukan sesuai jadwal, atau seberapa sering dokter anak Anda merekomendasikan.
  • Cobalah memeras atau memompa ASI dengan tangan jika bayi Anda sering menyusu tetapi berat badannya tidak bertambah, yang dapat membantu sampai suplai ASI Anda sepenuhnya masuk.
  • Pastikan Anda makan cukup makanan sehat dan kaya kalori saat menyusui.

Kapan refleks bayi berkembang?

Bayi dilahirkan dengan sejumlah refleks yang mereka kembangkan di dalam rahim, beberapa di antaranya membantu mereka bertahan hidup di minggu-minggu pertama kehidupan. Beberapa dari refleks tersebut tercantum di bawah ini.

Refleks Muncul Hilang
mengisap pada 36 minggu kehamilan, terlihat pada bayi baru lahir tetapi mungkin tertunda pada bayi prematur 4 bulan
rooting terlihat pada kebanyakan bayi baru lahir, mungkin tertunda pada bayi prematur 4 bulan
Moro terlihat pada kebanyakan bayi cukup bulan dan prematur 5 sampai 6 bulan
leher tonik terlihat pada sebagian besar bayi cukup bulan dan prematur 6 sampai 7 bulan
genggaman dilihat pada 26 minggu kehamilan, terlihat pada kebanyakan bayi cukup bulan dan prematur 5 sampai 6 bulan
Tanda babinski terlihat pada sebagian besar bayi cukup bulan dan bayi prematur 2 tahun
Langkah ini terlihat pada sebagian besar bayi cukup bulan dan bayi prematur 2 bulan
Sumber