Apa yang dimaksud dengan administrasi bisnis ?

Administrasi bisnis adalah proses pengelolaan perusahaan atau organisasi nirlaba guna menjaga kestabilan dan pertumbuhan organisasi. Cakupan bidang utama administrasi bisnis meliputi operasi, logistik, pemasaran, sumber daya manusia, dan manajemen.

Apa yang dimaksud dengan administrasi bisnis ?

Administrasi bisnis adalah seluruh kegiatan yang berhubungan didalam suatu perusahaan dengan tujuan untuk mencapai laba yang ditargetkan oleh perusahaan tersebut.

menurut Poerwanto (2006) bahwa, “Administrasi Bisnis adalah keseluruhan kerja sama dalam memproduksi barang atau kerja sama dalam memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan hingga pada penyampaian barang atau jasa tersebut kepada pelanggan
dengan memperoleh dan memberikan keuntungan secara seimbang, bertanggung jawab dan berkelanjutan”.

Menurut Y.Wayong (2004) menyatakan bahwa Administrasi Bisnis adalah keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan jasa sampai tibanya barang dan jasa tersebut ditangan konsumen.

Unsur-Unsur Administrasi

Menurut The Liang Gie (2010) Dalam proses operasional administratif terdapat sejumlah unsur yang saling berkaitan antara satu dan lainnya, apabila salah satunya tidak ada proses operasi administrasi akan pincang.

Unsur-unsur tersebut ialah :

  1. Organisasi, yaitu unsur pertama dari admnistrasi yaitu kegiatankegiatan, tugas, wewenang, dan tanggung jawab.
  2. Manajemen, yaitu rangkaian perbuatan menggerakkan orang-orang dan mengerahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan tercapai.
  3. Komunikasi, yaitu rangkaian perbuatan menyampaikan warta dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha kerja sama.
  4. Keuangan, yaitu pengelolaan berbagai macam segi pembiayaan dan pertanggung-jawaban keuangan
  5. Tata usaha, yaitu pencatatan, pengiriman, dan penyimpanan berbagai macam keterangan yang diperlukan.
  6. Kepegawaian, yaitu rangkaian perbuatan mengatur dan mengurus tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerja sama yang bersangkutan.
  7. Perbekalan, yaitu rangkaian perbuatan mengadakan, mengatur pemakaian, mendaftar, memelihara.
  8. Hubungan Masyarakat, yaitu kegiatan menciptakan hubungan baik dan dukungan dari masyarakat sekeliling usaha kerja sama yang bersangkutan.

Menurut H. Rahmat (2013) Adapun unsur-unsur administrasi yang terpenting adalah sebagi berikut :

  1. Organisasi, diciptakan secara konstitusional oleh pimpinan teringgi badan usaha, dan akan menjadi wahana (wadah), struktur, dan rangka dasar dari administrasi.
  2. Lingkungan , yaitu lingkungan yang mengelilingi administrasi yang “berada” di dalam
    organisasi terdiri atas berbagai “lapis”, yaitu geografis, fisik, bilogis (flora, fauna), social, budaya, ekonomis, psikologis, politil, teknologis.
  3. Administrasi (organisasi) bergerak sambil berpindah-pindah lapis setiap kali berganti persoalan atau urusan. Sebagian (besar) lingkungan tersebut merupakan lingkungan ekologis.
  4. Situasi, yaitu berada di dalam lingkungan dan berada dalam keadaan bergerak serta berubah secara terus-menerus.
  5. Faktor-faktor situasional yang secara langsung menentukan daya-getak administrasi (organisasi) disebut kondisi.
  6. Lokasi, yaitu bagian dari lingkungan terdiri atas semua faktor yang mempunyai relevansi (hubungan kepentingan) dengan administrasi (organisasi) dan mempunyai arti letak dengan diukur menurut jarak transportasi dan komunikasi.
  7. Persil, yaitu terdiri atas tanah halaman dan gedung tempat kegiatan-kegiatan utama dan pimpinan administrasi (organisasi) berada.
  8. Mesin dan peralatan, terdiri atas semua barang modal yang merupakan hardware dari adminitrasi (organisasi).
  9. Program-usaha (software) dan mission, terdiri atas peraturan dan prosedur konstitusionil, yang dirakit dengan suatu filosofi bisnis dan filosofi adminitsrasi, yang merupakan kerangka dan rangka dasr berpikir dan berusaha.
  10. Legitimitas, yaitu kekuatan social politik-yuridis yang berasal dari undang-undang atau konsesi, lisensi, paten, dan sebagainya.