Apa Yang Dimaksud Capex Estimate Dalam Quantitative Risk Analysis?

Dalam proses atau tahapan menganalisa resiko secara kuantitatif, ada yang dinamakan CAPEX ESTIMATE. Apa maksud dari tahapan ini?

image

CAPEX (Capital Expenses) Estimate dibuat dengan WBS sebagai inputan utamanya. Level rincian ruang lingkup akan tersedia ketika estimasi telah menentukan metodenya. Seringkali tingkatan atau level akurasi yang berbeda ditemukan pada paket pekerjaan yang berbeda pula dalam suatu estimasi. Metode dan tingkat akurasi dari estimasi harus jelas didokumentasikan oleh estimator. Estimator akan menggunakan 3 teknik dalam membuat estimasi, dan mengindikasikan rentangan akurasi dari setiap control account berdasarkan penilaian risiko dari setiap item.

Control Account ini diklasifikasikan menjadi 3 level item risiko, high (-15% to +25%), medium (-10% to +15%), dan low (-5% to +5%). Level High diestimasikan berdasarkan penilaian expert dari disiplin ilmu tertentu, Medium diestimasikan berdasarkan informasi dari proyek sejenis dan biasanya berdasarkan pada persentase dari total project capital atau unit rate, sedangkan low level berasal dari desain sub-contractor.

Referensi :
http://wernermeyer.org/Files/WG%20Meyer%20Quantifying%20Risk.pdf