Apa yang dilakukan manajer pemasaran dalam menentukan metode / strategi pemasaran yang efektif untuk menyentuh pelanggan?

Dalam dunia bisnis, kesuksesan suatu perusahaan dapat ditunjukkan dengan adanya feedback dari pelanggan. Jika feedback yang diberikan oleh pelanggan bernilai positif, artinya strategi yang direncanakan dan digunakan berhasil. Lalu, bagaimana manajer pemasaran menentukan metode / strategi pemasaran yang efektif tersebut?

1 Like

Pemasaran yang efektif dimulai dengan strategi pemasaran yang dipertimbangkan dengan tepat. Strategi pemasaran yang baik membantu manajer pemasaran menentukan visi, misi dan sasaran bisnis, serta menguraikan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Strategi pemasaran akan memengaruhi cara manajer pemasaran dalam menjalankan bisnis, sehingga harus direncanakan dan dikembangkan melalui konsultasi tim. Berikut adalah syarat perencanaan strategis untuk membuat metode pemasaran:

  • Dapat menggambarkan bisnis produk dan layanan yang ditawarkan
  • Dapat menjelaskan posisi dan peran dari produk dan layanan di pasar
  • Dapat mengidentifikasi profil dari pelanggan dan pesaing
  • Dapat mengidentifikasi taktik pemasaran yang akan digunakan
  • Memungkinkan untuk membuat rencana pemasaran dan mengukur keefektifannya

Strategi pemasaran berbeda dengan rencana pemasaran. Strategi pemasaran dapat dikembangkan untuk beberapa tahun ke depan, sementara rencana pemasaran biasanya menggambarkan taktik yang digunakan selama bisnis berjalan.

Berikut adalah beberapa komponen yang harus dipertimbangkan untuk mengembangkan strategi pemasaran dan mengoptimalkan investasi pemasaran:

  • Identifikasi Tujuan Bisnis
    Untuk mengembangkan strategi pemasaran, manajer pemasaran perlu untuk mengenali tujuan bisnis dari perusahaan. Macam-macam tujuan bisnis, antara lain:
    1)meningkatkan kesadaran akan produk dan layanan
    2)menjual lebih banyak produk dari pemasok tertentu
    3)menjangkau segmen pelanggan baru

  • Identifikasi Tujuan Pemasaran
    Manajer pemasaran perlu menentukan tujuan pemasaran secara spesifik berdasarkan tujuan bisnis. Contoh tujuan pemasaran meliputi peningkatan penetrasi pasar (menjual lebih banyak produk yang ada ke pelanggan lama) atau pengembangan pasar (menjual produk yang ada ke pasar sasaran baru). Tujuan pemasaran ini bisa berjangka panjang dan mungkin perlu beberapa tahun untuk mewujudkannya. Namun, harus jelas dan terukur.
    Strategi pemasaran yang bagus tidak akan berubah setiap tahun, namun diadakan revisi bila strategi telah tercapai atau sasaran pemasaran telah terpenuhi. Selain itu, manajer pemasaran mungkin perlu mengubah strategi jika pasar eksternal berubah karena pesaing baru atau teknologi baru, atau jika produk berubah secara substansial.

  • Penelitian Pasar
    Penelitian pasar merupakan bagian penting dari strategi pemasaran. Manajer pemasaran perlu mengumpulkan informasi tentang pasar, seperti ukuran, pertumbuhan, tren sosial dan demografi. Tujuannya jika terjadi perubahan dari waktu ke waktu, strategi yang digunakan tetap relevan.

  • Identifikasi Calon Pelanggan
    Menggunakan riset pasar untuk mengembangkan profil pelanggan yang ditargetkan dan identifikasi kebutuhan mereka. Profil tersebut akan mengungkapkan pola pembelian mereka, termasuk bagaimana mereka membeli, di mana mereka membeli dan apa yang mereka beli. Melakukan peninjauan tren secara teratur sehingga manajer pemasaran tidak kehilangan peluang baru atau strategi sudah tidak relevan.
    Sementara mencoba mencari pelanggan baru, pastikan strategi pemasaran juga memungkinkan untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

  • Identifikasi Pesaing
    Sebagai bagian dari strategi pemasaran, manajer pemasaran harus mengidentifikasi profil pesaing dengan mengidentifikasi produk, rantai pasok, harga dan taktik pemasaran mereka. Manajer pemasaran menggunakan taktik ini untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang membedakan bisnis mereka dengan pesaing.

  • Mengembangkan Strategi untuk Mendukung Tujuan Pemasaran
    Membuat daftar target pasar dan merancang strategi untuk menarik dan mempertahankannya. Contoh, jika tujuannya adalah meningkatkan kesadaran kaum muda terhadap produk, maka strategi yang sesuai yaitu melalui media sosial.

  • Menggunakan Faktor 7P
    Identifikasi campuran pemasaran dapat dilakukan dengan menggunakan faktor 7P. Jika manajer pemasaran dapat memilih kombinasi yang tepat antara product, price, promotion, place, people, process and physical evidence, maka strategi pemasaran akan lebih mungkin sukses.

  • Uji Ide
    Dalam menentukan taktik, manajer pemasaran biasanya melakukan beberapa riset online. Mereka menguji beberapa gagasan dan pendekatan pada pelanggan dan staf. Manajer pemasaran harus memilih sejumlah taktik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, menjangkau pelanggan di dalam target pasar, dan meningkatkan hasil penjualan.

https://www.business.qld.gov.au/running-business/marketing-sales/marketing-promotion/strategy

1 Like