Apa yang dilakukan CEO perusahaan besar saat mereka mengalami stres?

Perusahaan besar pasti mempunyai banyak masalah yang harus diselesaikan. Tugas utama seorang CEO adalah sebagai ujung tombak perusahaan dalam mengambil keputusan sebagai solusi dari masalah yang ada tersebut. Dalam hal pengambilan keputusan, pasti adakalanya seorang CEO mengalamai stres. Apa yang dilakukan para CEO perusahaan besar dalam mengatasi stres tersebut ?

Stress mungkin menjadi salah satu teman akrab seorang CEO,karena CEO bertanggung jawab dalam menentukan kemana arah perusahaan akan berlayar. Jika perusahaan bermasalah maka CEO-lah yang pertama kali disorot. Di salah satu artikel yang saya baca,ada beberapa hal yang dilakukan untuk menghadapi stress ala CEO terkenal didunia :

1.Keep it Simple ala Co-Founder Apple Steve Jobs
Steve Jobs menggunakan prinsip “Keep it Simple”. Maksudnya, ketika ia merasa stres karena pekerjaan, ia akan berusaha untuk tenang dan tidak gegabah.
Steve Jobs juga tidak suka membesar-besarkan suatu masalah, sehingga setiap masalah yang datang dan menyebabkan dirinya semakin stres akan ia atasi dengan cara menganggap masalah tersebut kecil dan mudah diatasi. Pola pikir seperti ini yang akhirnya membuat masalah tersebut benar-benar terasa ringan dan bisa ia hadapi. Untuk mendapat ketenangan, meditasi dan yoga adalah cara yang terbaik.

2.Hilangkan Rasa Takut ala Founder dan CEO Tesla Elon Musk
Elon Musk menyarankan kita untuk menghilangkan rasa takut tersebut agar Anda bisa mengambil keputusan dengan jernih juga mengerjakan pekerjaan dengan lebih fokus.

3.Jangan Berhenti Apapun yang Terjadi ala CEO Krux Digital Inc Tom Chaves
Saran selanjutnya datang dari Tom Chaves, CEO Krux Digital Inc. Saat kamu berada di tengah-tengah pekerjaan yang menggunung dan beban kerja lainnya sampai kamu merasa stres, pastinya kamu ingin bersembunyi dan menghilangkan diri dari kantor. Daripada menghindar, lebih baik kita bisa mengikuti saran Tom Chaves, seorang CEO yang sangat gentleman karena dia memiliki prinsip apapun yang terjadi harus dihadapi dan jangan lari. Meskipun terdengar gila tapi itulah kenyataan yang kamu hadapi dan kamu harus terus selesaikan pekerjaan atau masalah tersebut satu persatu.

4.Berolahraga ala CEO iPrice Group David Chmelar
CEO iPrice Group, sebuah layanan e-commerce yang tersebar di 7 negara, David Chmelar, selalu berolahraga saat ia merasa stres. Pergi ke gym atau jogging di taman kota adalah alternatif paling sederhana yang ia lakukan untuk berolahraga. Saat berolahraga itulah ia akan merasa kembali bersemangat, lebih segar, dan siap menghadapi segudang pekerjaan yang menantinya di kantor.

Sumber : https://dailysocial.id/post/tips-manajemen-stres-dari-para-ceo

Bill Gates, orang terkaya di dunia, memiliki hobi mencuci piring. Dia mengaku bahwa ia menikmati dan menyukai kegiatan tersebut. Hampir setiap malam ia mencuci piring sendiri. Rupanya hal tersebut memberikan pengaruh yang cukup baik.
Studi menyebutkan bahwa mencuci piring bisa menghilangkan stres dan meningkatkan kreativitas.
Studi dari Universitas Florida mengatakan bahwa siswa yang diharuskan untuk berhati-hati saat mencuci piring (Contohnya fokus bernafas, menyentuh, mencium dan merasakan tugasnya), mengalami penurunan tingkat stres dalam dirinya dan meningkatkan inspirasi. Berkonsentrasi merasakan air hangat atau bau sabun bisa menstimulasi otak.
Sementara studi lain yang dilakukan Universitas California, Santa Barbara menyebutkan bahwa melakukan pekerjaan tersebut membuat otak lebih kreatif dalam menyelesaikan persoalan.

Sumber : http://m.liputan6.com/bisnis/read/2616585/miliarder-terkaya-dunia-hobi-cuci-piring-ini-alasannya