Apa yang dilakukan agar ikan tidak saling berkelahi ?

ikan saling berkelahi

Sama seperti manusia, setiap ikan pun mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda-beda sehingga sering terjadi perkelahian antar ikan. Apa yang dilakukan agar ikan tidak saling berkelahi ?

Anda bisa melakukan upaya-upaya sebagai berikut :

  • Kenalkan Ikan Baru dengan Ikan Lama
    Anda bisa membantu proses perkenalan antara ikan baru dengan ikan lama supaya lebih aman. Caranya yaitu pasanglah pemisah dari kaca di aquarium. Kemudian rilis ikan baru di sisi aquarium yang tidak ada ikannya. Awalnya ikan-ikan tersebut memang akan terlihat berusaha saling menyerang. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ikan tadi akan mulai saling mengenal. Proses ini mungkin butuh waktu berbulan-bulan tergantung peringai ikan.

  • Beri Makan di Waktu Bersamaan
    Selama proses pemisahan sedang berlangsung, Anda harus memberikan pakan kepada ikan-ikan tersebut di waktu yang sama. Berikan pakan ini sedikit demi sedikit dalam porsi yang cukup. Biarkan masing-masing ikan tadi menikmati pakan yang diberikan agar lebih mengenal satu sama lain. Jika Anda sudah yakin ikan-ikan ini telah berdamai maka sebaiknya lepaskan saja pemisah di aquarium tadi.

  • Berikan Obat Pereda Stres
    Kasus perkelahian antara ikan yang sama-sama telah menghuni aquarium dalam waktu yang lama memang jarang terjadi. Kalau pun ada, penyebabnya biasa ditimbulkan oleh kondisi kejiwaan ikan tersebut yang berubah tidak normal. Ikan tiba-tiba menjadi stres karena faktor tertentu. Guna mengatasinya, Anda bisa memberikan anti stres khusus untuk ikan seperti aquasafe atau tetra black water. Sebaiknya ikan yang sedang stres tadi juga dikarantina di aquarium khusus.

Sumber