Apa yang dihasilkan (output atau keluaran) dari analisis risiko kualitatif atau Qualitative Risk Analysis?

Dalam penerapan suatu hal, tentulah kita mengharapkan suatu output atau hasil. Pada Qualitative Risk Analysis, apa keluaran atau hasil yang diharapkan?

Qualitative Risk Analysis merupakan teknik manajemen proyek yang berkaitan dengan menemukan probabilitas dari peristiwa risiko yang terjadi dan dampak risiko akan terjadi jika itu terjadi. Kemudian output yang diharapkan dari Qualitative Risk Analysis adalah :

  • Untuk mengidentifikasi (atau menandai) risiko untuk analisis lebih lanjut.
  • Untuk mengidentifikasi tindakan untuk sisa risiko berdasarkan efek gabungan dari kemungkinan terjadinya dan berdampak pada tujuan proyek.

source :

Output utama dari proses Qualitative Risk Analysis sebagai berikut:

  • Prioritised List of Risks
    Menangani risiko yang sudah dipilih dari daftar risiko yang sudah dituliskan sebelumnya berdasarkan prioritasnya.

  • List of Risks Grouped by Categories
    Mengelompokkan risiko dari daftar risiko yang sudah dituliskan sebelumnya berdasarkan kategori tertentu untuk mengidentifikasi akar masalah serta menemukan solusinya.

  • List of Risk for Additional Analysis and Investigation
    Perlu adanya konsultasi tambahan berupa analisis dan investigasi terhadap risiko untuk mendapatkan penilaian terhadap risiko dengan valid/benar.

  • List of Urgent Risks
    Menuliskan beberapa risiko serius dalam bentuk daftar risiko yang mungkin memerlukan tindakan darurat. Bila tidak, maka dapat menyebabkan dampak yang parah pada proyek yang bahkan belum dimulai.

  • Watch List
    Merupakan daftar risiko yang perlu diperhatikan, dikarenakan risiko tersebut mungkin menimbulkan masalah di masa depan.

Referensi

Output yang dihasilkan dari Perform Qualitative Risk Analysis (QRA) adalah Project Document Updates.
Project document yang mungkin di update tetapi tidak terbatas, yaitu:

  • Risk Register Updates
    Ketika informasi baru tersedia melalui QRA maka daftar risiko pun juga diperbaharui. Update ini meliputi kemungkinan dan dampak yang terjadi dari setiap risiko, ranking atau skor risiko, dan daftar untuk risiko probabilitas rendah dan yang memerlukan analisis lebih lanjut.

  • Assumptions log updates
    Sama dengan halnya RIsk register Updates, Assumptions log update juga bisa berubah saat informasi baru tersedia melalui QRA. Assumption log perlu ditinjau kembali untuk mengakomodasi informasi baru yang didapat. Asumsi ini pun bisa dimasukkan kedalam pernyataan lingkup proyek atau terpisah dari assumptions log.

source A Guide to the project manajement body of knowladge.
PMBOK GUIDE - fifth edition