Apa yang Biasa Kamu Lakukan Sebelum Mengambil Keputusan Penting dalam Hidupmu?

keputusan

Berbicara tentang pilihan, mungkin setiap dari kita memiliki cara masing-masing sebelum mengambil suatu keputusan yang berdampak terhadap hidup kita. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai situasi yang cukup sulit karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu agar tidak salah langkah dalam mengambil keputusan.

Bisa jadi, beberapa dari kita lebih sering mengambil keputusan dengan gegabah sebelum akhirnya berpikir ulang tentang semua konsekuensinya. Bisa jadi juga, beberapa lainnya harus melalui proses berpikir yang panjang terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa memutuskan sesuatu.

Kalau saya pribadi jika ditanya mengenai cara terbaik dalam mengambil keputusan penting, jawabannya ialah meresapi dan memahami resiko terburuk yang nantinya saya dapatkan dari keputusan tersebut. Pengambilan keputusan penting versi saya ialah jika saya sendiri sudah memahami konsekuensi dan resiko terburuk terburuk dan sekiranya saya mampu menerima resiko tersebut.

Kalau Youdics, apa yang biasa kalian lakukan sebelum mengambil keputusan penting dalam hidup? Kita bagi-bagi tips versi kita sendiri yuk!

Kalau saya pribadi, bisa-bisa sampai menjauhkan diri dari siapapun untuk dapat menentukan suatu keputusan. Saya harus menjauh dan menghindari orang-orang terlebih dahulu agar bisa fokus memikirkan sebenarnya apa yang menjadi keputusan saya. Saat-saat sendiri itu, saya mencermati apa saja yang akan bersangkutan dengan keputusan saya nantinya. Bisanya saya mendasarkan itu pada kondisi keluarga dan baru kondisi saya. Benar, saya sudah sejak lama memprioritaskan pemikiran keluarga saya dibanding diri saya sendiri.

Saya tidak pandai dalam memprediksi suatu hal, bahkan beberapa keadaan saya tidak bisa memahami apa yang sebenarnya saya inginkan. Untuk itu, peran orang terdekat seperti keluarga sangat mempengaruhi banyak keputusan dalam hidup saya. Mereka biasanya akan memberikan berbagai macam saran lalu membiarkan saya untuk menggali lebih dalam lagi saran tersebut dan mengaitkan dengan apa yang saya inginkan pada saat itu. Selanjutnya berpikir seperti yang sudah disampaikan

Begitulah cara mengambil keputusan yang saya lakukan.

Jika ditanya apa yang biasa saya lakukan sebelum melakukan pengambilan sebuah keputusan penting dalam hidup saya, maka ada beberapa hal yang saya lakukan. Pertama, saya akan mulai menimang - nimang, beberapa macam kandidat keputusan yang akan saya ambil dari segi untung dan ruginya. Saya tahu betul jika setiap keputusan yang akan hendak kita ambil tentunya memiliki kedua hal tersebut dan tinggal persoalannya adalah, seberapa besar untung dan ruginya. Disinilah yang kita tidak tahu pasti, dan apa yang bisa kita lakukan di posisi ini adalah dengan menimang dan memprediksi sembari memperhatikan situasi dan kondisi yang ada sebelum mengambil keputusan.

Terkadang, bahkan kita bisa menjadi over-thinking hanya karena kita terlalu lama berkutat dengan pikiran mengenai untung dan rugi dari setiap kemungkinan keputusan yang akan hendak kita ambil. Padahal, pada akhirnya, kita pun juga akan mengambil keputusan final bukan ? dan setiap keputusan yang kita ambil memiliki konsekuensi-nya masing - masing bukan ? Tentu disini yang menjadi hal paling berat dalam mengambil keputusan. Tetapi hal terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan mengetahui apa yang hendak kita capai atau apa yang kita inginkan sebelum mengambil keputusan karena hal itu menurut saya merupakan hal yang basic sehingga kita perlu merenungkan dan memikirkannya terlebih dahulu.

Ketika akhirnya saya merasa stuck, saya akan mengkonsultasikan mengenai kemungkinan keputusan yang hendak saya ambil kepada orang - orang yang saya percayai seperti keluarga supaya saya bisa mendapatkan gambaran dan perspektif mengenai keputusan - keputusan yang hendak saya ambil tadi. Ketika gambaran sudah di dapat, maka saya akan lebih mudah dalam melaukan pengambilan keputusan dan sejauh pengalaman saya hingga saat ini, semua cara yang yang saya jabarkan dari atas hingga ke bawah ini tergolong berhasil.

Tetapi tidak menjadikan setiap keputusan yang saya ambil selalu berakhir dengan apa yang saya ekspetasikan. terkadang saya menemui beberapa keputusan yang saya ambil terbukti merupakan keputusan yang salah. Tetapi, kesalahan itu tentu dapat di perbaiki dan menjadi pelajaran bagi kita supaya kita selalu hati - hati dalam melakukan pengambilan keputusan terutama keputusan - keputusan penting.

Saya pribadi akan memikirkan terlebih dahulu hal-hal yang menjadi alasan saya mengambil keputusan. Mengetahui kemuningkan terbaik dan kemungkinan terburuk dari keputusan yang akan saya ambil. Biasanya saya akan menanyakan kepada orang lain mengenai keputusan yang akan saya ambil dan meminta pendapat mereka.

Jika dirasa belum cukup, maka saya akan mencari dari sumber informasi lain misalnya google ataupun langsung bertanya kepada profesional jika dirasa hal tersebut memengaruhi kesehatan atau tubuh saya. Memang terkadang butuh waktu lama untuk mengambil keputusan untuk jangka panjang. Namun, jika mengambil keputusan untuk jangka pendek biasa saya akan mengandalkan diri saya pribadi.

Sebelum mengambil keputusan penting, biasanya saya menggunakan waktu beberapa hari untuk berpikir dan menimbang masing-masing kelebihan dan kekurangan setiap keputusan dan mana yang paling banyak memiliki manfaat untuk saya ke depannya. Jika saya benar-benar stuck, saya meminta pendapat dan saran dari orang-orang yang saya percaya, seperti sahabat yang sangat dekat dan mama. Sejauh ini, meskipun mungkin saran dan pendapat mereka mungkin tidak terlalu mempengaruhi hasil keputusan akhir yang saya ambil, namun setidaknya mendengarkan mereka cukup membuat saya tenang dan tidak terlalu tertekan saat mengambil keputusan. Terakhir, sebelum benar-benar mengambil keputusan besar, saya meminta restu orang tua terutama mama. Menurut saya, restu orang tua merupakan hal penting, sehingga jika melangkah dengan mengantongi restu orang tua saya merasa jadi lebih tenang dan yakin bisa berhasil.

Aku tergantung permasalahan dan kebutuhan untuk meresponnya. Aku bisa menjadi orang yang spontanitas, atau setelah tau permasalahan dan segera bertindak sekiranya itu masih logika. Terkadang ada permasalahan yang tidak menunggu waktu, harus diselesaikan diwaktu itu juga.
Dan aku bisa menjadi pemikir sampai sekiranya itu jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah dengan rasionalitas.

Ketika saya mengambil keputusan penting dalam hidup, saya akan berdoa terlebih dahulu dan memnta petunjuk Tuhan. Kedua saya akan meminta pendapat atau pandangan yang lain dari orang di sekeliling saya, kemudian ketika saya merasa cukup meminta pendapat pada banyak orang saya akan merenung selama beberapa saat untuk membandingkan pendapat mereka dengan milik saya sendiri dan kemudian mengambil jalan tengah yang memang terbaik.