Apa yang Anda ketahui tentang wisata Situs Purbakala Cipari?

Situs Purbakala Cipari

Apa yang Anda ketahui tentang wisata Situs Purbakala Cipari ?

Tidak hanya wisata alam dan air saja, Kabupaten Kuningan juga kaya akan wisata budaya dan sejarah. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah Situs Purbakala Cipari. Tempat wisata di Kuningan ini menawarkan cerita masa lalu, tepatnya pada masa Megalitikum. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya kuburan batu pada tahun 1972 silam.

Penelitian lanjutan yang dilakukan oleh seorang arkeolog dalam negeri, Teguh Asmar, menghasilkan temuan barang peninggalan seperti perunggu, gerabah, perkakas dapur, hingga bekas pondasi bangunan. Beberapa peninggalan besar seperti peti kubur dan dolmen juga dipamerkan di alam terbuka. Sementara, benda-benda kecil seperti kendi, kapak batu, dan gelang, disimpan di dalam sebuah museum yang letaknya tak jauh dari situs ini.

Situs Purbakala Cipari berlokasi di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, tepatnya di kaki Gunung Ciremai. Letaknya yang ada pada ketinggian 700 mdpl menjadikan situs ini diselimuti oleh udara sejuk dan dingin khas pegunungan. Situs Purbakala Cipari buka setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08:00 pagi hingga 04:00 sore. Sementara pada hari Sabtu, situs ini hanya buka hingga pukul 02.00 siang.