Apa yang Anda ketahui tentang URL?

image
URL atau Uniform Resource Locator adalah cara mengidentifikasi lokasi file di internet.
Apa yang Anda ketahui tentang URL ?

URL (Uniform Resource Locator) adalah bentuk URI dan konvensi penamaan standar untuk menangani dokumen yang dapat diakses melalui Internet dan Intranet. Contoh URL adalah https://www.computerhope.com, yang merupakan URL untuk situs web Computer Hope.

image

http: // atau https: //
“Http” adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Ini memungkinkan browser untuk mengetahui protokol mana yang akan digunakan untuk mengakses informasi yang ditentukan dalam domain. Protokol “https” adalah kependekan dari “Hypertext Transfer Protocol Secure” dan menunjukkan bahwa informasi yang dikirimkan melalui HTTP dienkripsi dan aman. Setelah http atau https adalah tanda titik dua (:slight_smile: dan dua garis miring (//) yang memisahkan protokol dari sisa URL.

Tip
URL tidak eksplisit untuk alamat HTTP atau HTTPS; FTP, TFTP, Telnet, dan alamat lain juga dianggap sebagai URL dan mungkin tidak mengikuti sintaksis yang sama seperti contoh kita.

www.
Selanjutnya, “www” adalah singkatan dari World Wide Web dan digunakan untuk membedakan konten. Bagian URL ini tidak diperlukan dan berkali-kali dapat diabaikan. Misalnya, mengetik “http://computerhope.com” masih akan membawa Anda ke situs web Computer Hope. Bagian alamat ini juga dapat diganti dengan sub halaman penting yang dikenal sebagai subdomain.

Selanjutnya, “computerhope.com” adalah nama domain untuk situs web. Bagian terakhir dari domain dikenal sebagai akhiran domain, atau TLD. Ini digunakan untuk mengidentifikasi jenis atau lokasi situs web. Misalnya, “.com” adalah kependekan dari iklan, “.org” adalah kependekan dari sebuah organisasi, dan “.co.uk” adalah Inggris. Ada beberapa sufiks domain yang tersedia. Untuk mendapatkan domain, Anda akan mendaftarkan nama melalui pendaftar domain.

/ jargon / u /
Selanjutnya, “jargon” dan “u” adalah direktori di mana halaman web berada di server. Dalam contoh ini, halaman web memiliki dua direktori yang dalam, jadi untuk menemukan file di server, itu akan berada di direktori / public_html / jargon / u. Pada sebagian besar server, direktori public_html adalah direktori default yang berisi file HTML.

url.htm
Akhirnya, url.htm adalah halaman web aktual di domain yang Anda lihat. Traht .htm adalah ekstensi file dari halaman web yang menunjukkan file tersebut adalah file HTML. Ekstensi file umum lainnya di Internet termasuk .html, .php, .asp, .cgi, .xml, .jpg, dan .gif. Masing-masing ekstensi file ini melakukan fungsi yang berbeda, seperti semua jenis file yang berbeda di komputer Anda.

Di mana letak URL?
URL terletak di bagian atas jendela browser di bilah alamat atau omnibox tergantung pada jendela browser Anda. Di komputer desktop dan laptop, kecuali browser Anda ditampilkan dalam layar penuh, URL selalu terlihat. Di sebagian besar browser ponsel cerdas dan tablet, bilah alamat yang berisi URL akan menghilang saat Anda menggulir ke bawah dan hanya menampilkan domain saat terlihat. Ketika bilah alamat tidak terlihat, gulir ke atas halaman. Jika hanya domain yang ditampilkan, mengetuk bilah alamat menunjukkan alamat lengkap.

Cara membuka URL
URL dapat dibuka dengan mengklik hyperlink. Misalnya, jika Anda mengklik “hyperlink” di paragraf ini, itu membuka halaman yang menggambarkan hyperlink.

Jika URL dalam materi cetak, (mis., Email atau majalah) di mana itu bukan hyperlink, Anda dapat membuka halaman dengan mengetikkan URL di bilah alamat browser. Jika URL dalam email, itu juga dapat disalin dan ditempelkan ke bilah alamat.

Karakter apa yang tidak diizinkan dalam URL?
Kebanyakan orang menyadari bahwa spasi tidak diperbolehkan dalam URL. Namun, penting juga untuk menyadari, seperti yang didokumentasikan dalam RFC 1738, string URL hanya dapat berisi karakter alfanumerik dan karakter! $ -_ + * '(),). Setiap karakter lain yang diperlukan dalam URL harus dikodekan.

Memahami URL dan parameter yang lebih kompleks
Ketika URL menunjuk ke skrip yang menjalankan fungsi tambahan, informasi tambahan (parameter) ditambahkan ke bagian akhir URL. Misalnya, URL mesin pencari yang menunjuk ke halaman hasil pencarian menyertakan parameter dengan kata-kata permintaan pencarian.

Di bawah ini adalah contoh URL yang menunjuk ke halaman pencarian Harapan Komputer, dengan parameter permintaan pencarian dari “pencarian contoh”.

Di URL ini, file skrip yang ditunjuk adalah search.cgi di direktori cgi-bin. Karena file ini berakhir dengan .cgi, diasumsikan sebagai skrip Perl.

Setelah nama file skrip adalah? (tanda tanya). Tanda tanya dalam URL memisahkan URL dari semua parameter atau variabel yang dikirim ke skrip. Pada contoh di atas, parameter yang dikirim adalah q = example% 20search. “Q” adalah nama variabel, dan “contoh% 20search” adalah nilai yang dikirim ke variabel itu. Karena tidak ada spasi yang diizinkan dalam URL, spasi dikodekan sebagai% 20. Dalam banyak skrip, a + (plus) juga digunakan untuk mewakili spasi.

Dalam contoh kita, karena ada variabel, skrip akan menggunakannya saat dijalankan. Skrip juga tidak terbatas hanya pada satu variabel. Jika skrip memerlukan beberapa variabel, setiap variabel dapat dipisahkan dengan a & (ampersand), seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini.

Dalam contoh di atas, ada dua variabel yang berbeda. Variabel “q” sama dengan “pencarian contoh” dan “contoh” variabel sama dengan “tes”. Jika skrip sedang mencari contoh variabel, skrip dapat diproses dan melakukan fitur tambahan. Apakah alamat IP sama dengan URL atau alamat web? Tidak. Alamat IP adalah nomor unik yang ditetapkan untuk setiap perangkat di jaringan. Di World Wide Web, nama domain diberi alamat IP unik dan ketika dimasukkan (mis., Computerhope.com), DNS menerjemahkannya ke IP yang digunakan router untuk menemukan server web. Nama domain digunakan alih-alih alamat IP karena lebih mudah diingat oleh manusia. Misalnya, jauh lebih mudah untuk mengingat “computerhope.com” daripada mengingat alamat IP seperti “216.58.216.164”. Lihat alamat IP kami untuk informasi lebih lanjut tentang IP.