Apa yang anda ketahui tentang ular Boa Constrictor?

image

Apa yang anda ketahui tentang ular Boa Constrictor?

Boa constrictor adalah pemangsa ulung dari Amerika Selatan dan Amerika Utara. Ia meremas mangsanya sebelum ditelan. Dan dengan gigi tajam dan otot rahang yang kuat, ia tidak memerlukan waktu yang lama untuk melahap mangsanya. Pengemar ular jenis ini harus membuatkan tempat yang cukup besar sebagai tempat tinggalnya. Ya, panjang ular ini dapat mencapai 10 kaki atau hampir 3,5 meter. Tidak seperti ular peliharaan lainnya, jika disediakan pohon kecil di dalam kandangnya, maka ia akan suka memanjatinya

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang ular boa, sering pula disebut boa constrictor, yang merupakan salah satu spesies paling populer keluarga Boidae dan genus Boa.:

1. Boa memiliki semacam tungkai vestigial tersembunyi yang dikenal sebagai taji anal.

2. Ular ini biasanya aktif di malam hari dan hidup soliter, kecuali selama musim kawin.

3. Boa bisa hidup antara 20-25 tahun, namun telah matang pada usia 2-3 tahun.

4. Anak boa yang baru lahir memiliki panjang sekitar 50-60 cm, sedangkan ular dewasa dapat tumbuh hingga 13-18 meter.

5. Tubuh boa biasanya berwarna coklat dan krem dengan pola samar yang mirip dengan garis atau berlian. Boa zamrud hijau dan boa merah adalah beberapa spesies boa yang langka.

6. Ular ini bergerak dalam garis lurus, tidak bergerak maju dan mundur seperti jenis ular lain.

7. Tidak seperti ular lain, boa melahirkan anak-anak mereka dan bukan bertelur. Boa betina bisa melahirkan 10-40 anak dalam waktu yang sama.

8. Habitat ular ini berkisar dari gurun, sabana terbuka, hingga hutan tropis basah serta lahan pertanian.

Meskipun merupakan perenang yang baik, boa lebih suka hidup di tanah kering. Kadang-kadang, makhluk ini juga hidup di bawah tanah atau tinggal di pohon-pohon.

9. Agoutis, luwak, tikus, burung, dan kelelawar adalah beberapa mangsa boa constrictor. Namun, reptil ini juga bisa membunuh berbagai mamalia lain seperti monyet, rusa, hingga babi liar.

10. Boa memiliki gigi mirip kait kecil untuk memegang mangsanya. Tapi, ular ini membunuh mangsa bukan dengan giginya, melainkan melilitnya sampai mati.

11. Ketika merasa terancam, ular boa bisa mendesis begitu keras yang terdengar hingga lebih dari 30 meter.

12. Boa memiliki sisik serta lubang di bagian atas kepala yang sensitif terhadap panas untuk membantu mereka mencari mangsa dalam gelap. Mereka juga menggunakan lidah untuk mengindera aroma.

13. Boa ekor merah adalah salah satu spesies boa populer yang banyak dijadikan hewan peliharaan.

Boa spesies ini berukuran lebih besar daripada boa pada umumnya serta memiliki ekor berwarna merah seperti namanya.

14. Ular boa termasuk hewan berdarah dingin, yang artinya suhu tubuhnya berubah menyesuaikan dengan suhu lingkungan.

Namun, pemilik hewan peliharaan disarankan memelihara boa di lingkungan hangat sesuai dengan habitat mereka di daerah tropis.

15. Beberapa spesies boa dianggap sebagai spesies hewan yang terancam punah karena banyak diburu untuk diambil kulitnya yang eksotis.

16. Boa dan piton dianggap jenis ular yang paling primitif, sehingga penting melindungi mereka dari kepunahan.