Apa yang Anda ketahui tentang Turritopsis nutricula?

ubur-ubur

Ternyata ada makhluk hidup yang dapat hidup abadi, siapa dia? Jawabannnya adalah spesies Turritopsis nutricula yang merupakan ubur-ubur laut.

Spesies Turritopsis nutricula yang merupakan ubur-ubur laut. Ukuran hewan ini hanya sekitar 4-5 milimeter. Ia berasal dari lautan Karibia, tapi sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia sampai ke Amerika, Italia, dan Jepang. Ubur-ubur ini mampu meregenerasi sel-sel tubuhnya secara terus-menerus sehingga secara biologis tidak bisa mati. Fakta mengejutkan ini diketahui setelah para ahli menemukan ledakan populasi spesies ini. Dari penelitian yang melibatkan 4000 Turritopsis nutricula, disimpulkan bahwa ledakan populasi tersebut terjadi karena makhluk ini memang tidak menua secara biologis.

Spesies ini mampu kembali dari tahap seksual dewasa ke tahap larva. Umumnya, ubur-ubur akan mati setelah selesai bereproduksi, namun hal itu tidak terjadi pada Turritopsis nutricula. Setelah dewasa dan kawin, ubur-ubur tersebut dapat memutar ulang siklus biologisnya, meregenerasi seluruh sel tubuhnya, dan menjadi muda lagi. Proses regenerasi sel semacam ini disebut transdiferensiasi.

Transdiferensiasi berarti sel yang mencapai tahap tertentu dapat berubah menjadi sel lain yang lebih baru dan muda. Dalam proses reproduksinya, sperma dan sel telur ubur-ubur akan membentuk polyp yang kemudian akan menghasilkan organisme baru secara aseksual dengan cara membelah diri. Ketika masih muda mereka mempunyai beberapa tentakel kemudian setelah dewasa dan matang tentakelnya dapat mencapai 80-90 buah. Setelah itu, mereka akan kembali ke tahap polyp melalui perubahan sel yang memungkinkan mereka hidup abadi.

Namun, jangan beranggapan jika mereka mampu hidup abadi secara biologis lantas mereka tak bisa mati. Tentu saja mereka tetap bisa mati karena pengaruh faktor eksternal, misalnya karena dimangsa hewan lain, kerusakan lingkungan ekologis, dan lain-lain.

Sumber:

Berikut ini taksonomi ubur-ubur Turritopsis nutricula antara lain :

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Cnidaria
  • Kelas : Hydrozoa
  • Ordo : Hydroida
  • Famili : Clavidae
  • Genus : Turritopsis
  • Spesies : Turritopsis nutricula

Turritopsis nutricula termasuk dalam hewan Hydrozoa dan kelas Cnidaria termasuk Man-ofWar Portugis, Hydra, dan ubur-ubur air tawar. Hewan yang termasuk Hydrozoans sebagian besar, hewan yang berkoloni. Turritopsis nutricula adalah organisme koloni sebagai polip, meskipun demikian makhluk pelagis yang mandiri. Organisme memiliki diameter 5 milimeter, atau seperlima inci. Meskipun spesimen muda hanya akan memiliki 8 tentakel, orang dewasa akan memiliki antara 80 dan 90 tentakel. Memiliki perut merah yang jelas di tengah bagian utama tubuhnya. Setelah telur dibuahi, mereka berkembang di perut dan di layar yang dibentuk oleh
gua di planula, atau berenang-bebas, bentuk silia beberapa spesies Cnidarian. Telur-telur itu harus diendapkan di dasar laut dalam koloni tahap larva polip. Ubur-ubur akan menetas dalam 2 hari dan akan menjadi dewasa secara seksual setelah hanya 2 minggu, yang kemudian dapat kembali ke polip dalam proses transdifferensiasi. T. Nutricula dapat ditemukan di seluruh dunia.

1 Like