Apa yang anda ketahui tentang The Great Zimbabwe ?

The Great Zimbabwe

The Great Zimbabwe merupakan sebuah kota kuno yang diyakni telah ada sejak Zaman Besi. Terletak di Lodge, bagian Tenggara Zimbabwe, lebih tepatnya 19 mil atau 30 km dari Masvingo. Kota kuno ini sekarang hanya tinggal menyisakan reruntuhannya saja yang memanjang sekitar 200 hektar. Sebenarnya di Zimbawe dan Mozambik terdapat 150 reruntuhan batu besar yang mengindikasikan bekas kota kuno, tetapi reuntuhan di Lodge yang paling luas dan besar sehingga disebut “The Great Zimbabwe”.

Diperkirakan di sekitar lembah dari pusat reruntuhan ini dulunya dihuni oleh 10.000 sampai 20.000 warga Kerajaan Shona atau juga disebut Bantu. Ekonomi penduduknya didasarkan pada pertenakan sapi, budidaya tanaman, dan perdagangan emas di wilayah pantai Samudera Hindia. Hal ini membuat “The Great Zimbabwe” ini menjadi jantung dari sebuah Kerjaan yang berkembang pada periode abad ke-11 hingga ke-15. Dalam bahasa Zimbabwe, kata Shona berarti rumah batu. Orang-orang Shona telah tinggal di wilayah ini selama lebih dari 1000 tahun.

Situs ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu kompleks bukit, kompleks Enclosure (dapat diartikan sebagai pagar atau dinding), dan reruntuhan bebatuan. Kompleks bukit dan Enclosure ditandai dengan kontruksi dari batuan mortarless dan bagunan yang terbuat dari daga (tanah dan lumpur bata). Diantara kedua kompleks itu terdapat sejumlah gundukan besar sisa dari bagunan daga.

Apa yang anda ketahui tentang The Great Zimbabwe ?