Apa yang Anda ketahui tentang Terwelu?

terwelu

Terwelu namanya, salah satu hewan pelari yang handal. Terwelu dapat berlari sampai pada kecepatan 64km/jam. Selain itu, kebanyakan orang awam sering mengira bahwa Terwelu juga sama dengan Kelinci karena memiliki beberapa kasamaan fisik dengan Kelinci.

Terwelu termasuk hewan yang hidup liar yang tinggal didaratan seluruh wilayah Eropa. Selain itu, Terwelu memiliki bentuk tubuh yang besar daripada Kelinci, Terwelu dewasa biasanya memiliki berat bobot 4-5 kg dan panjang tubuh antara 50-70 cm.

Lariannya begitu cepat, ia bisa mengalahkan kecepatan larian seekor serigala yang notabenenya hanya sampai 50-60km/jam. Sedangkan Terwelu dapat mengalahkan larian serigala dengan kecepatan yang ‘lebih’ cepat, yakni 64km/jam.

Uniknya lagi, Terwelu dapat mengubah warna bulu-bulu pada tubuh mereka menjadi warna putih saat musim dingin. Berikut ini perbedaan antara Terwelu dengan Kelinci:

  • Terwelu relatif hidup dialam liar, biasanya ia membuat sarang diatas tanah. Sedangkan jikalau kelinci, biasanya ia membuat sarangnya dibawah tanah.
  • Anak-anak terwelu yang baru lahir–ia cepat tumbuh. Kelopak matanya langsung terbuka dan tubuhnya begitu berbulu, bahkan setelah satu jam, bayi Terwelu dapat langsung berjalan kesana kemari, lho! Sangat berbeda dengan kelinci, bayi kelinci yang baru lahir tidak dapat melihat dan bulu tubuhnya tidak langsung tumbuh.
  • Terwelu memiliki daun telinga yang begitu panjang daripada kelinci, selain itu, Terwelu memiliki berat badan yang lebih besar juga daripada kelinci.
  • Mereka punya banyak perbedaan. Meski begitu, mereka termasuk kedalam keluarga yang sama, yakni keluarga Lagomorpha.

Sumber: