Apa yang anda ketahui tentang Teori Kerja Memori atau Theory of Working Memory?

Teori Kerja Memori atau Theory of Working Memory

Dalam psikologi memori / pembelajaran, seperti yang dikemukakan oleh psikolog Inggris Alan D. Baddeley (1934-) dan Graham J. Hitch (1946-), teori memori kerja mengacu pada sistem penyimpanan sementara yang mempertahankan item informasi yang diterima saat ini, dan proses interpretasi juga diaktifkan untuk memilah masukan tersebut.

Sistem memori kerja seperti ini ini memungkinkan otak untuk memanipulasi informasi masuk dan keluar memori jangka pendek manusia. Secara teoritis, kata-kata dalam sebuah kalimat diadakan dalam bentuk literal aslinya sedangkan proses yang lebih abstrak bekerja untuk membentuk dan menentukan makna kalimat tersebut.

Mengenai lokasinya, para ahli berspekulasi bahwa proses asosiatif memori kerja sebagian besar dilakukan di korteks prefrontal.

Lihat juga : CHOMSKY’S PSYCHOLINGUISTIC THEORY; DELAYED-REACTION PARADIGM; OBJECT PERMANENCE PARADIGM; THEORIES OF SHORT-TERM AND LONG-TERM MEMORY.

Sumber : J.E. Roeckelein, 2006, Elseviers’s Dictionary of Psychological Theories, Elsevier B.V.

Referensi :

  • Baddeley, A. D., & Hitch, G. J. (1974). Working memory. In G. Bower (Ed.), Recent advances in learning and motivation . Vol. 8. New York: Academic Press.