Apa yang Anda ketahui tentang Teknologi LED?

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2013/05/LED.jpg

Kita sering mendengar kata LED. Entah itu monitor LED, lampu LED, TV LED, dan masih banyak lagi. Ya, saat ini sudah banyak gadget terbaru yang memanfaatkan LED. Sebenarnya apakah itu LED? Apa bedanya dengan lampu-lampu biasa?

LED merupakan kepanjangan dari Light Emitting Diode. Sesuai namanya, LED merupakan sebuah dioda yang dapat memancarkan cahaya. Dioda sendiri merupakan salah satu komponen elektronika yang hanya dapat mengalirkan arus listrik dalam satu arah, tidak bolak-balik. Dioda ini sendiri terbuat dari bahan semikonduktor. LED adalah salah satu jenis dioda yang memanfaatkan eksitasi (pelepasan energi) elektron dalam bahan semikonduktor tersebut untuk menyalakan sumber cahayanya. Warna cahaya yang dihasilkan oleh LED ini juga bermacam-macam, tergantung bahan yang digunakannya.

LED ini banyak digunakan di berbagai peralatan saat ini. Beberapa monitor PC, layar laptop, ponsel, smartphone, maupun tablet sudah menggunakan teknologi LED ini sebagai layarnya. Untuk dapat membuat layar utuh, dalam tiap pikselnya terdapat susunan LED tiga warna, yaitu merah, hijau, dan biru. (Mengapa warna-warna itu yang digunakan? Baca artikel sebelumnya) LED juga digunakan dalam penampil angka yang dikenal sebagai 7-segment LED. Beberapa lampu juga saat ini telah menggunakan LED. Dipilihnya LED untuk berbagai kebutuhan ini antara lain karena LED membutuhkan energi yang relatif kecil dan digunakan secara efisien.

Sumber:
sains.me