Apa yang anda ketahui tentang Tari Balet ?

Salah satu tarian yang mendunia dan berasal dari wilayah belahan dunia barat (luar negeri). Apa yang anda ketahui tentang Tari Balet ?

Balet yang banyak dipelajari pada era modern sekarang berasal dari Italia. Pada abad pertengahan, pertunjukan lapangan di Italia berkembang dari yang awalnya sederhana menjadi lebih kompleks dengan hadirnya balet. Pada masa awal tarian ditampilkan, teknik-teknik menari belum diajarkan dan konsep teatrikal tidak dikenal. Seseorang yang ahli menari akan tampil di tengah lapangan dan diikuti oleh penonton yang juga ingin menari.

Pertunjukan balet banyak digelar pada upacara pernikahan. Mempelai yang mengikat sumpah akan mengadakan pertunjukan ini di lapangan sebagai hiburan untuk para tamu. Bangsawan atau orang kaya di Italia menjadikan pertunjukan balet sebagai bukti bahwa mereka mampu menghadirkan hiburan yang mahal kepada masyarakat.

Seiring dengan berjalannya waktu, balet mulai banyak dipelajari oleh bangsawan. Para ahli tari menjadi guru mereka untuk mempelajari hal-hal dasar terkait balet. Orang-orang seperti Domenico da Paicenza, Antonio Cornazzano, dan Guglielmo Ebreo menjadi ujung tombak perkembangan balet dari waktu ke waktu sebelum akhirnya kesenian ini dibawa ke Prancis.