Apa yang anda ketahui tentang tanaman Cempaka Wangi?

Bunga cempaka wangi

Bunga cempaka wangi (Michelia campacha) atau yang sering disebut dengan bungong jeumpa adalah tanaman asli daerah Aceh.

Nama cempaka berasal dari bahasa Sansekerta. Tanaman ini termasuk ke dalam tumbuhan purba. Karena fosil dari tanaman ini dapat ditelusuri hingga ke 95 tahun yang silam. Cempaka wangi tidak tumbuh di semua daerah. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis, yaitu di Asia Selatan, Asia Tenggara, serta Tiongkok Selatan.

Bunga cempaka wangi yang mekar biasanya dijadikan riasan untuk menyambut tamu. Sedangkan bunganya yang masih kuncup digunakan sebagai hiasan di rambut penari perempuan. Hiasan di rambut ini bertujuan untuk membuat penari lebih cantik dan anggun seperti seorang putri.

Kegunaan lain dari bunga cempaka wangi adalah sebagai pengharum ruangan. Cara membuatnya sangat mudah. Kkuntum bunga cempaka wangi ditaruh di dalam mangkuk yang berisi air, kemudian mangkuk tadi diletakkan di ruangan yang diinginkan. Bunga ini juga juga digunakan sebagai bahan dasar parfum di Negara Prancis.

Selain berfungsi untuk mempercantik dan sebagai pengharum, cempaka wangi juga dipakai untuk pengobatan tradisional. Seperti digunakan untuk membantu proses pemulihan wanita sehabis melahirkan, mengobati buang air kecil yang tidak lancer, serta mengobati demam selsema.

Sumber:
http://www.gosumatra.com/cempaka-wangi-flora-khas-aceh/&sa=U&ved=0ahUKEwiRoqyr9f7aAhWGa7wKHSvMDDkQFggYMAE&usg=AOvVaw1WdglSpu-eDnQzXkSw5Ols
https://www.google.co.id/url?q=http://www.biodiversitywarriors.org/mengenal-tanaman-cempaka-wangi-flora-maskot-provinsi-aceh.html&sa=U&ved=0ahUKEwiRoqyr9f7aAhWGa7wKHSvMDDkQFggmMAY&usg=AOvVaw1sgwtWankMt32a0ob8uKxz