Apa yang anda ketahui tentang Taman Nasional Kerinci?

taman nasional kerinci
Taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci (3.805 m).

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatera dan terletak di empat provinsi yaitu Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. Didalamnya terdapat berbagai tempat wisata alam yang menawan, serta menyimpan aneka flora dan fauna langka.

Secara keseluruhan, luas wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat ini mencapai 1.368.509 hektar yang terbagi dalam 4 provinsi. Provinsi Jambi seluas 422.190 hektar, di Bengkulu dengan luas 310.910 hektar, Provinsi Sumatera Barat seluas 353.780 hektar dan Sumatera Selatan seluas 281.120 hektar. Taman nasional ini juga telah resmi masuk dalam daftar World Heritage Sites versi UNESCO.

Dalam sejarah, Taman Nasional Kerinci Seblat dibentuk dari penggabungan beberapa cagar alam serta suaka margasatwa seperti Cagar Alam Inderapura, Bukit Tapan, Gedang Seblat, Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan, Bukit Kayu Embun, serta beberapa hutan lindung yang ada disekitarnya.