Apa yang anda ketahui tentang syarat penulisan paragraf yang benar?

Ketika penulis membuat suatu karya, khususnya dalam membuat suatu paragraf, dia harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan paragraf yang benar. Namun, apa saja syarat penulisan paragraf yang benar?

1. Mempunyai Kelengkapan Unsur-Unsur Paragraf di Dalamnya
Sebuah paragraf yang baik dan benar, harus mempunyai kelengkapan sejumlah paragraf di dalamnya. Adapun unsur-unsur paragraf yang dimaksud antara lain:
Gagasan utama: merupakan unsur paragraf yang berupa topik utama atau permasalahan yang hendak dibahas dalam suatu paragraf.
Kalimat utama: kalimat yang berisi gagasan utama suatu paragraf.
Kalimat penjelas: merupakan kalimat yang menjelaskan gagasan utama yang terkandung di dalam suatu kalimat utama.

2. Setiap Unsur-Unsur Paragraf Harus Mempunyai Satu Kesatuan antar Satu Unsur dengan Unsur Lainnya
Unsur-Unsur paragraf yang telah disebutkan sebelumnya (gagasan utama, kalimat utama, dan kalimat penjelas) mesti membentuk satu kesatuan yang padu, di mana kalimat penjelas mesti mampu menjelaskan gagasan utama yang terkandung dalam kalimat utama secara baik dan sesuai dengan gagasan utama yang dimaksud. Jika syarat ini tidak terpenuhi, maka sebuah paragraf belum dikatakan baik dan benar.

3. Mempunyai Kepaduan Diantara setiap Unsur di Dalamnya
Jika semua unsur paragraf dapat membentuk suatu kesatuan, maka paragraf tersebut sudha menjadi paragraf yang baik dan benar, serta sudah memenuhi syarat yang ketiga ini. Adapun salah satu ciri paragraf yang padu adalah adanya hubungan makna yang logis dan saling berhubunga antara gagasan utama dan gagasan penjelas. Dengan adanya kepaduan tersebut, maka sebuah paragraf bisa dipahami secara baik dan logis bagi oleh para pembaca.

Sumber