Apa Yang Anda Ketahui Tentang Smektit?

image

Smektit atau semctite adalah mineral yang terdiri dari tiga lapis struktur aluminium silikat hidrat, yaitu dua lembar silika tetrahedral dan satu lembar alumina oktahedral.

Smektit (smectite ) adalah mineral lempung yang mempunyai daya pengembang (swelling ) yang tinggi. Smektit mempunyai struktur berlapis yang terdiri dari lembaran oktahedral (O) yang diapit oleh dua lembaran tetrahedral (T). Antara lapisan TOT satu dengan lapisan TOT lainnya memiliki ikatan yang lemah. Molekul air maupun molekul lainnya dapat mengisi ruang tersebut, sehingga smektit mengalami ekspansi.

Mineral smektit dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu dioktahedral dan trioktahedral. Smektit dioktahedral terdiri dari montmorillonite , beidellite , dan nontronite , sedangkan smektit trioktahedral terdiri dari hectorite (kaya atom Li), saponite (kaya atom Mg), dan sauconite (kaya atom Zn) Struktur smektit secara umum dapat dilihat pada gambar berikut,

image
Gambar Struktur smektit

Smektit memiliki muatan layer permanen yang disebabkan oleh substitusi isomorfik pada layer , dimana ion Al3+ digantikan oleh ion Mg2+, serta ion Fe2+ atau ion Mg2+ digantikan oleh ion Li+, pada oktahedral. Sementara ion Si4+ digantikan oleh ion Al3+ pada tetrahedral. Substitusi isomorfik menyebabkan layer bermuatan negatif. Muatan negatif pada layer diimbangi oleh kation seperti ion Na+ atau ion Ca2+ yang mengisi interlayer . Kation mengalami hidrasi, sehingga smektit bersifat hidrofilik.

Rumus umum smektit yang diajukan oleh Ross dan Hendricks (1945) adalah X0,33Y2Si4O10(OH)2.4H2O, dengan X adalah kation interlayer (Ca atau Na) dan Y adalah kation Al, Fe3+, Cr, Mg, Ni, Zn, atau Li. Dalam industri, smektit digunakan sebagai filler, carrier , adsorben, dan komponen lumpur bor (drilling muds).