Apa yang Anda Ketahui tentang Serat Pangan?

serat

Sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan sumber serat pangan yang sangat mudah ditemukan dalam bahan makanan. Sayuran merupakan menu yang hampir selalu terdapat dalam hidangan seharihari masyarakat Indonesia, baik dalam keadaan mentah (lalapan segar) atau setelah diolah menjadi berbagai macam bentuk masakan. Akhir-akhir ini adanya perubahan pola konsumsi pangan di Indonesia menyebabkan berkurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan hampir di semua propinsi di Indonesia. Serat merupakan salah satu kebutuhan manusia, namun tidak turut andil dalam menyumbangkan kalaori bagi tubuh.

Serat Pangan


Dalam ilmu gizi, serat sayuran dan buah yang kita makan disebut serat kasar (crude
fiber). selain serat kasar, terdapat juga serat makanan yang tidak hanya terdapat pada sayur dan buah, tetapi juga ada dalam makanan lain misalnya beras, kentang, kacang-kacangan dan umbi-umbian.

Serat dalam makanan lazim disebut sebagai dietary fiber sangat baik untuk kesehatan manusia. Serat makanan ini semakin mendapat perhatian sejak tahun 1970-an yaitu sejak kelompok peneliti Burkitt et al. (1972) dan Trowel (1972) memelopori penelitian serat dengan pendekatan epidemiologi. Hasil penemuannya menunjukkan bahwa pada masyarakat dengan western diet yang umumnya rendah serat, banyak ditemukan orang yang mengidap berbagai penyakit seperti diverticulitis, kanker kolon, atherosklerosis, coronary heart disease, diabetes mellitus dan appendicitis.

Serat adalah bagian dari tanaman yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Namun akhir-akhir ini istilah serat mangalami perkembangan dengan pengertian yang lebih tepat sehubungan dengan perannya di dalam tubuh. Dalam ilmu gizi, pengertiannya dijelaskan sebagai all structural materials of the plant cell taken in our diet which are resistant to digestive tract (Speller, 1975). Dalam kepustakaan terakhir disebut sebagai unavailable carbohydrates dan bagian tanaman yang disebut lignin, yang tidak dapat diserap tubuh sebagai crude fiber adalah non-karbohidrat.

Dengan demikian agar tidak salah dalam pengertiannya, maka istilah dietary fiber digunakan untuk membedakan serat makanan dengan crude fiber, yaitu semua polisakarida dan yang tidak terhidrolisa oleh kerja sekresi usus manusia.

Pengukuran karbohidrat dengan metode by difference dalam memperkirakan jumlah energi yang diperoleh dari pangan, seringkali memberikan informasi yang salah saat membedakan jenis karbohidrat yang termasuk available dan yang non-available (Southgate,1975). Hal tersebut Sama sulitnya saat memperkirakan intik true dietary fiber dengan mempergunakan Daftar Komposisi Bahan Makanan(DKBM) yang tidak mencantumkan nilai serat atau hanya menggunakan nilai true crude
fiber. Intik dietary fiber serat dalam makanan biasanya beberapa kali lipat intik crude fiber termasuk unavailable carbohydrates.

Untuk penerapannya perlu diketahui bahan makanan apa yang banyak mengandung serat. Pada Tabel 3 terlihat kandungan serat kasar pada berbagai jenis bahan makanan. Kecukupan asupan serat kini dianjurkan semakin tinggi, mengingat banyak manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan tubuh, adequate intake (AI) untuk serat makanan sebagai acuan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan kesehatan lainnya kini telah dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Internasional.
AI untuk serat makanan bagi orang dewasa adalah 20-35 g/hari (Fransisca, 2004). Sebelumnya menurut Southgate (1972) hanya 16-28 g/hari (Southgate, 1975) atau 1-4% dari crude intake British diets (Southgate, 1973). Serat makanan dalam American diets diperkirakan sekitar 5-8 g/100 g crude fiber (Burkitt, 1972).

Menurut petunjuk Diet RSCM (1982), angka kecukupan serat yang dianjurkan 25g/1000 kal, dan menurut Hardinsyah dan Tambunan (2004) angka kecukupan serat bagi orang dewasa adalah 19-30 g/kap/hari sedangkan bagi anak-anak adalah 10-14 g/1000 kkal. Speller et al. (1975), dan Stasse et al. (1989) menyarankan intik ideal dari dietary fiber untuk memperoleh berat feses 140 – 150 g/hari dan transit time kurang dari 3 hari. Namun, beberapa peneliti mengemukakan adanya keragaman didalam respon tubuh untuk meningkatkan intik serat makanan, karena komponen serat yang berbeda akan memberikan efek fisiologis yang berbeda pula.

1 Like

SERAT PANGAN


Serat pangan, dikenal juga sebagai serat diet atau dietary erupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar (Anonim, 2001). Deddy Muchtadi (2001); Jansen Silalahi dan Netty Hutagalung (2000), menyebutkan bahwa serat pangan adalah bagian dari bahan pangan yang tidak dapat dihirolisis oleh enzim-enzimpencernaan.

Lebih lanjut Trowell et al. (1985); Anik Herminingsih (2010); mendefiniskan serat pangan adalah sisa dari dinding sel tumbuhan yang tidak terhidrolisis atau tercerna oleh enzim pencernaan manusia yaitu meliputi hemiselulosa, selulosa, lignin,
oligosakarida, pektin, gum, dan lapisan lilin.

Sedangkan Meyer (2004) mendefinisikan serat sebagai bagian integral dari bahan pangan yang dikonsumsi sehari-hari dengan sumber utama dari tanaman, sayur-sayuran, sereal, buah-buahan, kacangkacangan. Berdasarkan kelarutannya serat pangan terbagi menjadi dua yaitu serat pangan yang terlarut dan tidak terlarut.

Didasarkan pada fungsinya di dalam tanaman, serat dibagi menjadi 3 fraksi utama, yaitu :

  • Polisakarida struktural yang terdapat pada dinding sel, yaitu selulosa, hemiselulosa dan substansi pektat;

  • Non-polisakarida struktural yang sebagian besar terdiri dari lignin; dan

  • Polisakarida non-struktural, yaitu gum dan agar-agar (Feri Kusnandar, 2010).

JENIS DAN SUMBER SERAT PANGAN


Komposisi kimia serat pangan bervariasi tergantung dari komposisi dinding sel tanaman penghasilnya. Pada dasarnya komponen-komponen dinding sel tanaman terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin, lignin, mucilage yang kesemuanyanya termasuk dalam serat pangan. Serat pangan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu :

  • Serat pangan larut (soluble dietary fiber), termasuk dalam serat ini adalah pektin dan gum merupakan bagian dalam dari sel pangan nabati. Serat ini banyak terdapat pada buah dan sayur, dan

  • Serat tidak larut (insoluble dietary fiber), termasuk dalam serat ini adalah selulosa, hemiselulosa dan lignin, yang banyak ditemukan pada seralia, kacang-kacangan dan sayuran.

Sayuran dan buah-buahan adalah merupakan sumber serat pangan yang paling mudah dijumpai dalam menu masyarakat. Sebagai sumber serat sayuran dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah atau telah diproses melalui perebusan. Sumber serat pangan selain dari sayuran dan buah-buahan, penelitian Robert E. Kowalski dalam Anik Herminingsih (2010), juga dapat berasal dari dedak padi yang telah distabilisasi ditemukan mengandung serat pangan 33,0 – 40,0%.

1 Like

Serat adalah bagian dari tanaman yang tidak dapat di serap tubuh.Kehadiran serat dalam pola konsumsi makanan memang sangat penting. Serat makanan memiliki banyak fungsi diantaranya :

  • Mencegah terjadinya sembelit
  • Mencegah wasir
  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes milletus dll (Makaryani, 2013).

Jenis Serat Pangan


Berdasarkan sifat fisik-kimia dan manfaat gizinya, serat dalam makanan dapat dikelompokkan dalam 2 jenis, yaitu : larut ( soluble ) dan tak larut ( insoluble ) dalam air. Serat yang larut cenderung bercampur dengan air dengan membentuk jaringan gel (seperti agar-agar) atau jaringan yang pekat, sedangkan serat tidak larut umumnya bersifat higroskopis: mampu menahan air 20 kali dari beratnya. Serat larut lebih efektif dalam mereduksi plasma kolesterol yaitu LDL ( low density lipoprotein ) dan meningkatkan kadar HDL ( high density lipoprotein ). Serat larut juga membuat cepat kenyang sehingga bermanfaat untuk mengontrol berat badan.Serat yang berasal dari biji-bijian (cereals) umumnya bersifat tidak larut, sedangkan serat dari sayur, buah dan kacang- kacangan cenderung bersifat larut (Widianarko dkk, 2000).

Sumber Serat


Sayur dan buah memiliki manfaat bagi tubuh antara lain sebagai sumber vitamin dan serat, terpenting adalah menopang kehidupan manusia untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Berikut adalah kadar serat pada sayuran dan buah yang sering di konsumsi sehari-hari.

Jenis Sayuran / Jumlah serat per Jenis Sayuran / Jumlah serat
Buah-buahan 100 gram Buah-buahan per 100 gram
a. Sayuran
Wortel rebus 3,3 Daun papaya 2,1
Kangkung 3,1 Daun singkong 1,2
Brokoli rebus 2,9 Asparagus 0,6
Labu 2,7 Jamur 1,2
Jagung Manis 2,8 Terong 0,1
Kembang Kol 2,2 Buncis 3,2
Daun bayam 2,2 Nangka muda 1,4
Kentang rebus 1,8 Daun kelor 2,0
Kubis rebus 1,7 Sawi 2,0
Tomat 1,1 Brokoli 0,5
Touge 0,7 Kacang Panjang 3,2
b. Buah-buahan
Alpukat 1,4 Nanas 0,4
Anggur 1,7 Pepaya 0,7
Apel 0,7 Pisang 0,6
Belimbing 0,9 Semangka 0,5
Jambu biji 5,6 Sirsak 0,2
Jeruk Bali 0,4 Srikaya 0,7
Jeruk Sitrun 2,0 Strawberry 6,5
Mangga 0,4 Pear 3,0
Melon 0,3

Kecukupan asupan serat kini dianjurkan semakin tinggi, mengingat banyak manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan tubuh.Asupan serat dibutuhkan oleh tubuh sebesar 25 gr/hari. Apabila asupan serat rendah, maka dapat menyebabkan obesitas yang berdampak terhadap peningkatan tekanan darah dan penyakit degeneratif (Apriany, 2012). Asupan serat yang rendah dapat meyebabkan gizi lebih, karena cenderung mengkonsumsi makanan tinggi lemak yang lebih mudah dicerna dibandingkan serat (Setyawati V dan Rimawati E, 2016). Kurang konsumsi buah sayur dapat meningkatkan risiko kegemukan pada seseorang, karena konsumsi buah sayur yang cukup akan menyediakan serat yang dapat mencegah terjadinya kegemukan (Irfan, dkk. 2012).

1 Like