Apa yang anda ketahui tentang Ranu Regulo ?

danau

(Anandita) #1

Ranu Regulo merupakan danau terdekat dari pusat desa Ranu Pane. Ranu regulo adalah tiga deretan danau cantik yang ada di kaki gunung semeru yang terletak di desa Ranu pane kecamatan senduro,lumajang. terletak di ketinggian 2100 Mdpl dengan luas 0,75 ha tepatnya di pos pertama pendakian ke gunung semeru. Ranu Regulo tak kalah cantik dengan Ranu Kumbolo, benarkah?


(Kasitha Wibriyanti Anindita) #2

Bicara tentang keindahan Ranu Kumbolo memang tidak akan pernah ada habisnya. Airnya yang jernih dikelilingi bukit nan indah membuat danau yang luasnya 15 hektar ini selalu meninggalkan kesan dan cerita tersendiri bagi pengunjungnya yang kebanyakan pendaki gunung.

Namun tahukah Anda ternyata Ranu Kumbolo bukanlah satu-satunya danau yang terletak di kaki Gunung Semeru. Anda juga bisa melihat Ranu Regulo dan Ranu Pani saat berkunjung ke area wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Tak sepopuler Ranu Kumbolo dan Ranu Pani, Ranu Regulo ini juga sebenarnya tak kalah cantik. Pun untuk sampai ke danau ini pengujung tak usah repot menempuh jalur pendakian yang berjam-jam karena jaraknya hanya sekitar 15 menit saja dari Desa Ranu Pani. Jalur menuju danau ini pun sangat mudah dilalui.

image

Suasana di Danau Regulo sekilas tak jauh beda dari ranu-ranu yang lain, kabut tipis, udara dingin, air danau yang jernih serta vegetasi di sekeliling danau tetap bisa dirasakan di Danau Regulo ini. Suasananya hening dan damai. Apalagi danau ini letaknya di ketinggian 2.100 mdpl.

Pohon-pohon tinggi di sekitar danau seolah menjadi pilar-pilar alami yang menjaga keheningan Ranu Regulo. Di bibir danau banyak bertumbuhan anggrek hijau. Menambah suasana yang romantis jika Anda datang dengan pasangan.

Bagi Anda yang tak kuat dingin lebih baik membawa jaket tebal karena suhu di ranu yang luasnya 0,75 hektar ini bisa mencapai minus 4 derajat.

Momen paling dinanti oleh pengunjung adalah saat sunrise, karena pemandangan danau makin cantik ketika matahari menyingsing. Tak jarang banyak pengunjung yang memilih untuk camping di area danau.

Untuk menuju lokasi, Anda hanya perlu menuju Danau Ranu Pani terlebih dahulu. Lalu lanjutkan perjalanan ke Danau Ranu Regulo yang jaraknya sekitar 15 menit.