Apa yang anda ketahui tentang Planet Venus ?

planet
antariksa

(Anton Dwikusuma) #1

Planet venus

Planet venus tidak mempunyai satelit alami. 96% planet venus terdiri dari karbon dioksida, tekanan atmosfer permukaannya 92 kali lebih besar daripada bumi, dan suhu permukaannya adalah 426 derajat Celsius.

Venus mengorbit matahari dari jarak 1.08 x 1010 km dengan masa orbit selama 224,65 hari. Walaupun sebagian besar orbit planet berbentuk elips, tetapi orbit venus hampir melingkar, dengan eksentrisitas yang lebih rendah dari 0,01. Venus mengorbit matahari dengan arah yang berlawanan dengan pergerakan jarum jam.

Rotasi venus terjadi dalam waktu 243 hari bumi. Sebagian besar planet berotasi berlawanan dengan arah jarum jam tetapi rotasi venus searah dengan pergerakan jarum jam. Rotasi venus terjadi lebih lama daripada revolusi venus. Kecepatan rotasi pada katulistiwa venus adalah 65 km/jam. Periode rotasi venus mungkin merupakan keadaan setimbang antara penguncian pasang surut dengan gravitasi matahari.

Venus tidak mempunyai satelit alami. Mungkin sebelumnya venus pernah mempunyai satelit, tetapi akibat tubrukan besar, satelit tersebut terdeselarsi dan tidak lagi berada dalam cakupan venus.

Permukaan Venus

Permukaan venus terdiri dari daratan yang sebagian besar terbentuk dari hasil aktivitas vulkanik. Keberadaan sulfur di atmosfer menunjukkan bahwa telah terjadi banyak letusan gunung berapi. Sekitar 80% permukaan dari venus terdiri dari daratan vulkanik, dari 80% tersebut, 70% nya merupakan daratan kasar berkerut dan 10% merupakan daratan yang halus dan berkerut. Sedangkan 20% permukaan lain merupakan dua benua dataran tinggi, yaitu :

Benua Utara yang disebut Ishtar Terra, ukurannya sedikit lebih besar dari Australia. Gunung tertinggi yang terletak di planet ini (Maxwell Montes) terletak di Ishtar Terra.
Benua Selatan yang juga dikenal dengan Aphrodite Terra. Permukaannya dipenuhi dari rangkaian rekahan dan patahan yang kemungkinan besar disebabkan aktivitas vulkanik di planet tersebut. Pada permukaannya venus mempunyai lebih banyak gunung berapi dibandingkan bumi, terdapat 167 gunung berapi besar yang lebarnya dapat mencapai 100 km. Diameter kawah yang ditemukan di planet venus juga bervariasi antara 3 km hingga 280 km.

Struktur Lapisan Dalam Planet Venus

Masih belum banyak data yang menunjukan bagaimana sebenarnya struktur dalam planet ini. Dari kemiripan planet venus dengan bumi, dapat dikatakan bahwa mereka mungkin mempunyai struktur dalam yang sama, yaitu terdiri dari Inti, mantel dan Kerak Bumi. Karena Venus dan Bumi mendingin pada laju yang sama, maka inti venus juga cair. Ukuran venus yang sedikit lebih kecil dari bumi menunjukkan bahwa tekanan bagian dalam venus lebih lemah daripada bumi. Sedangkan Kerak yang tidak mempunyai air venus sangat kuat dibandingkan bumi, hal ini membuat ketiadaan tektonik lempeng di Venus, dan memperlambat pendinginan venus. Seluruh permukaan venus mempunyai suhu yang bersifat isotermal, artinya planet tersebut mempunyai suhu yang konstan, tidak hanya antara siang dan malam, tetapi juga di setiap penjuru planetnya.

Ciri-ciri umum Planet Venus

Ciri-ciri umum dari planet Venus adalah sebagai berikut :

  • Diameter dari venus adalah 12.092 km (650 km lebih kecil daripada bumi)
  • Jarak Venus dengan matahari adalah sekitar 108 juta km.
  • Venus mempunyai atmosfer yang 96,5% nya terdiri dari karbondioksida, dan 3,5 % nya adalah nitrogen.
  • Permukaannya tidak dapat terlihat dari luar angkasa karena dilapisi oleh awan sulfat yang sangat reflektif.
  • Massa venus 81,5% dari massa bumi.
  • Rata – Rata suhu permukannya adalah 462 Celsius (863 F / 735 K)
  • 80% Permukaan venus terdiri dari daratan vulkanik, 20% lainnya adalah benua dataran tinggi (Benua utara disebut Ishtar Terra) sedangkan Benua Selatan dijuluki Aphrodite Terra).
  • Mempunyai 167 Gunung berapi besar yang lebarnya bisa mencapat 100 km lebih.
  • Venus mengorbit matahari (Revolusi) dalam waktu 224,65 hari, sedangkan rotasinya adalah setiap 243 hari (Rotasi terlambat dalam tata surya), venus berotasi searah jarum jam, berbeda dari kebanyakan planet lain yang berotasi berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Jarak Venus dengan bumi adalah 41 Juta km.
  • Venus merupakan salah satu planet yang paling cerah dalam tata surya.
  • Medan Magnet lebih lemah dari Bumi, medan magnet ini timbul akibat interaksi antara ionosfer dengan angin matahari.
  • Warna Planet venus adalah coklat keputihan.

Bagaimana menurut anda ? Apakah anda mempunyai informasi lainnya ?

Sumber :


(Mitha Aryani) #3

Venus atau Bintang Kejora adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. Planet ini memiliki radius 6.052 km, diameter 12.104 km. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan. Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain , itu jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi Matahari. Kala rotasinya 243 hari, sedangkan kala revolusinya 225 hari. Planet venus ini tidak memiliki satelit, jarak Venus ke Matahari 108 Juta Km.

Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. Suhu permukaannya maksimal 464°C. Lapisan atmosfer Venus memantulkan hampir 80 persen cahaya matahari. Sehingga kita dapat melihat Venus dengan jelas. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Pakar astrobiologi berspekulasi bahwa pada lapisan awan Venus termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan. Atmosfer yang tebal menyebabakan permukaan Venus sulit diamati. Namun, hasil pemetaan dengan radar yang dilakukan misi pesawat eksplorasi Magellan, yang diluncurkan pada 4 Mei 1989, menunjukkan permukaan planet Venus tampak penuh kawah dan gunung api.

Selimut tebal karbon dioksida menekan 92 kali tekanan atmosfer Bumi di lanskap kering. Awan kusam yang menghalangi pandangan pada permukaan planet itu merupakan asam sulfur. Venus memutari porosnya jauh lebih lambat dari Bumi. Alhasil, setahun di Venus serupa 243 hari di Bumi. Berdasar hal ini, diketahui angin di puncak awan Venus bisa mencapai 360 km/jam atau 60 kali kecepatan memutar planet. Secara proporsional, jika angin serupa muncul di Bumi, angin awan khatulistiwa mencapai kecepatan menakjubkan, 9.650 km/ jam. Pendorong cepatnya rotasi Venus adalah energi sinar matahari, papar Grinspoon. Namun, cara kerja penuh fenomena ini tetap menjadi misteri.

Secara singkat, gambaran untuk Venus yaitu :

  • Temperatur rata-rata : 464-480 ° C

  • Massa (x massa bumi) : 0,815

  • Berat jenis terhadap air : 5, 204 gr/cm3

  • Waktu revolusi sideris : 224,7 hari

  • Waktu revolusi sinodis : 583,92 hari

  • Waktu rotasi : 243 hari

  • Radius x 100 km : 60,52

  • Jarak keterhadapan : 108 juta km;0,72 SA;0,7 Titus Bode

Karakteristik Planet Venus