Apa yang anda ketahui tentang pengkajian genetik dalam ilmu sastra?

kaidah genetik

Apa yang dimaksud dengan “kaidah genetik”? Apa pengkajian genetik itu?
Bagaimana pendapat kalian mengenai kaidah genetik ?

Dalam pengkajian genetik, pengkaji perlu meneliti unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik satu per satu karya sastra. Dari segi intrinsik, pengkaji akan meneliti aspek-aspek struktural dua karya sastra atau lebih. Pengamatan ekstrinsik (evolusi) selanjutnya dapat dikaji melalui latar belakang kehidupan pengarang.

Pengkajian genetik memang rumit. Pengkaji perlu melengkapi diri dengan pengetahuan dan ilmu kesusastraan yang luas dan mendalam. Pengkaji juga perlu mengenal karya-karya sastra di berbagai bangsa dan pada pelbagai zaman. Pengkaji juga perlu mempunyai banyak pengetahuan dalam berbagai disiplin lain dan fenomena universal yang diperkirakan dapat membantu kerja pengkaji. Semua ini cukup penting agar rumusan atau hasil kajian ini rasional dan berwibawa.

Pengkajian genetik ini cukup membantu dalam mengenal pasti keaslian sebuah karya sastra. Pengkajian ini juga dapat menyingkap fenomena dan motif kelahiran karya sastra, dan sekaligus dapat melihat karya sastra-karya sastra dalam skenario yang kedudukannya lebih universal.
Pengkajian genetik ini timbul karena minat yang begitu besar untuk memahami dan menanggapi dunia kesusastraan dalam perspektif yang lebih mendalam, meluas, dan bermakna. Pengkajian ini membuktikan bahwa bidang kesusastraan tidaklah menyendiri dan terasing dari bidang-bidang lain. Bidang kesusastraan merupakan salah satu bidang studi yang yang bersama-sama dengan bidang studi lain dan saling berinteraksi, baik secara sadar atau tidak sadar, dan secara langsung atau tidak langsung.