Apa yang anda ketahui tentang pelestarian ex situ?

Pelestarian alam berarti pengaturan terhadap alam dan lingkungan untuk melindungi hewan yang terancam punah dan tumbuhan yang terancam punah. Pelestarian secara ex situ adalah pelestarian sumber daya alam hayati yang dilaksanakan di luar habitat asalnya. Contoh ex situ adalah kebun plasma nutfah atau kebun koleksi.

Konservasi Ex situ merupakan konservasi ynag melindungi spesies tumbuhan dan hewan langka dengan mengambil dari habitat yang tidak aman atau terancam dengan ditempatkan ke perlindungan manusia. Cara konservasi Eksitu adalah dengan mendirikan taman safari, kebun binatang, kebun raya, dan kebun koleksi.

Contoh Daerah Konservasi Ex situ

  • Taman safari puncak
  • Kebun raya bogor
  • Kebun plasma nutfah

Konservasi secara umum diartikan sebagai suatu tindakan yang dilihat secara mutu maupun jumlah dan dilakukan secara terus menerut (Hadi, 2009).

Konservasi ek situ adalah bentuk kegiatan konservasi yang dilakukan di luar habitat tempat tinggalnya, pada umumnya hal ini untuk menjaga jumlah flora ataupun flora yang sudah berkurang di alam, konservasi ini seperti Taman Safari, taman nasional, dan taman hutan raya. (Novita dan widyatedja, 2014).