Apa yang anda ketahui tentang Panther?

Black Panther, kucing besar yang disebut juga macan kumbang, merupakan kucing yang sejenis dengan macan tutul. Namun karena memiliki habitat di hutan yang lebat dan gelap, macan kumbang mengalami evolusi sehingga bulunya menjadi hitam.

Daya jelajah black panther adalah yang terjauh diantara semua jenis kucing besar, mereka mampu menempuh jarak 40 km sekali berjalan. Selain itu black panther adalah pemanjat pohon terbaik diantar jenis kucing besar lainnya.

Panther bukan merupakan spesies dalam keluarga felidae. Terutama jenis panthera yang memiliki 4 spesies yaitu harimau, singa, jaguar dan macan tutul. Secara umum panther disebut sebagai macan kumbang. Mungkin nama ‘macan kumbang’ inilah yang menyebabkan banyaknya anggapan bahwa panther adalah sebuah spesies macan. Pada kenyataannya, panther adalah spesies yang sama dengan jaguar dan macan tutul. Dengan kata lain, panther adalah jaguar atau macan tutul yang berwarna hitam. Warna hitam ini disebabkan karena melanisme yang ada pada tubuh jaguar dan macan tutul.

Melanisme adalah penyebab hitamnya warna bulu jaguar dan macan tutul. Melanisme pada jaguar disebabkan oleh alel dominan, dan macan tutul oleh alel resesif. Kita akan bahas melanisme-nya saja karena jika membahas alel ini akan semakin jauh dari pokok bahasan kita tentang panther.

Melanisme adalah pengembangan pigmen melanin gelap pada kulit dan merupakan kebalikan dari albino. Melanisme pada jaguar dan macan tutul memberikan keuntungan dalam hal ketahanan tubuh dan berburu. Warna hitam pada kulit mereka akan menyamarkan keberadaan panther terhadap hewan yang menjadi target buruannya. Melanisme ini tidak hanya terjadi pada jaguar dan macan tutul saja namun dapat terjadi pada hewan lain seperti tupai, anjing dan hewan lainnya.

Warna pada bulu hitam panther sebenarnya bukan hanya warna hitam solid. Motif yang ada pada tubuh jaguar dan macan tutul masih ada jika diperhatikan dengan seksama pada tubuh panther.